Breaking News:

Berita Siak

Hadir Peresmian BRK Syariah, Bupati Siak Dukung Program Pembiayaan Bagi Pelaku UMKM di Daerah

Bupati Siak Alfedri menghadiri peresmian Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, Kamis (25/8/2022) di Pekanbaru.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri duduk berpangku tangan saat peresmian operasional BRK Syariah, Kamis (25/8/2022) di Menara Dang Merdu, Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri menghadiri peresmian Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, Kamis (25/8/2022) di Pekanbaru.

BRK Syariah diresmikan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin.

“Pemkab Siak termasuk pemegang saham di BRK, jadi saat peresmian BRK Syariah sebagai pemegang saham kita hadir dan mendukung peralihan dari konvensional ke sistem syariah ini,” kata Alfedri.

Alfedri mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Siak ia juga mengucapkan tahniah dan selamat kepada BRK Syariah. BRK Syariah menjadi bank daerah ke tiga setelah Aceh dan NTB yang dikonversi dari bank konvensional menjadi bank syariah.

“Sebagai pemegang saham di BRK Syariah tentu kami memiliki harapan besar bagaimana kedepan BRK Syariah mendukung program pembiayaan bagi pelaku UMKM di daerah, termasuk menjadi trigger ekonomi agen perubahan pembangunan di daerah,” kata dia.

Perubahan BRK ke BRK Syariah ini mengusung tagline dan spirit Berkah untuk Semua. Menurut Alfedri tahline itu pemicu semangat baru di seluruh manajemen BRK Syariah.

“Ke depan kita mendorong manajemen BRK bekerja lebih keras diikuti dengan inovasinya. Agar BRK Syariah tetap mendapat tempat di hati masyarakat,” tutupnya.

Wakli Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan sebuah proses yang panjang konversi BRK ke BRk Syariah. Mengawali langkah BRK ada hal-hal yang ditekankan Wapres Maruf Amin.

“Bank Riau Kepri Syariah harus hadir sebagai penyokong dan penguat pertumbuhan semua sektor ekonomi dan keuangan syariah di wilayah provinsi Riau dan kepulauan Riau,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Wakil Presiden Ma’ruf Amin melihat program santri preuneur yang ia canangkan beberapa waktu lalu. Salah satu Program santri preuneur di Riau, ada di Pesantren Tekhnologi Riau. Para santri terlibat dalam pengelolaan sawit serta penanaman kecambah sawit.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan sejak awal kepemimpinannya ia ingin menjadikan program prioritas untuk diwujudkan Bank Riau Kepri menjadi Bank Syariah.

”Kami sejak awal memiliki komitmen ingin BRK dari konvensional dikonversi menjadi BRK Syariah. Tentu dengan Konversi BRK Syariah diharapkan memperkuat ekosistem ekonomi syariah,” kata dia.

Ia mencontohkan, seperti sektor makanan dan minuman halal, wisata ramah muslim, UMKM dan pesantren, zakat, wakaf, infak dan sedekah. Sebab, lembaga keuangan khususnya bank memilik peran penting terhadap pergerakan roda perekonomian di daerah.

“Bank Riau Kepri Syariah diharapkan dapat membawa dampak positif pada seluruh aspek ekonomi dan sosial masyarakat serta menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi dan pembangunan dua daerah,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved