Breaking News:

Tingkatkan Daya Saing UMKM: Polbeng Gelar Pelatihan Pemasaran Digital

Politkenik Negeri Bengkalis (Polbeng) sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Bengkalis ikut berkontribusi demi perkembangan UMKM

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Tingkatkan Daya Saing UMKM: Polbeng Gelar Pelatihan Pemasaran Digital 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Politkenik Negeri Bengkalis ( Polbeng ) sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Bengkalis ikut berkontribusi demi perkembangan UMKM.

Polbeng mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing terhadap produk-produk yang dihasilkan dengan memaksimalkan promosi melalui digital.

Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Upaya Peningkatan Branding Produk UMKM melalui Video Promosi, Kamis 25 Agustus 2022 yang pada kesempatan tersebut Polbeng bersama dengan UMKM binaan CSR PT Pertamina RUU II Sei Pakning.

Tim Pengabdian mengungkapkan bahwa pemasaran merupakan salah satu kunci agar sebuah usaha dapat dikenal luas.

‘’Di era serba digital saat ini, setiap pelaku usaha pasti memerlukan promosi yang baik untuk mengenalkan produk atau jasa agar lebih dikenal oleh banyak orang.

Yang salah satu Kunci suksesnya adalah dengan penerapan strategi digital marketing yang tepat, misalnya membuat video atau foto promosi,’’ ujar M. Luthfi Iznillah.

‘’Memasarkan sebuah produk memerlukan konten yang menarik. Sehingga mampu mencuri perhatian konsumen hingga berlanjut pada melakukan pembelian.’’

Tambah Nur Anita Dosen Jurusan Administrasi Niaga, Yunelly asra mengungkapkan pentingnya pemanfaatan digital marketing bagi para pelaku UMKM.

Menurutnya selain ekonomis dan efektif juga dapat meningkatkan daya beli melalui promosi di platform online.

‘’Pemanfaatan digital marketing lebih ekonomis dan efektif daripada kita cuma mengandalkan offline, pemanfaatan platform digital dapat menjangkau pasar lebih luas, strategi konten dalam pemasaran digital juga dapat meningkatkan daya beli konsumen’’ ujarnya.

‘’Branding dan digital marketing memainkan peran sangat penting untuk bisnis saat ini’’ Tambah Hutomo Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian, kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.

‘’ Ini adalah bentuk dukungan kita kepada UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) agar dapat terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, kami berharap dengan kegiaatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi UMKM’’ ujar M Afridon Ketua P3M Polbeng.

Salah satu pelaku UMKM menyampaikan bahwa digital marketing akan membantu UMKM bagaimana tidak hanya memproduksi saja, melainkan juga memasarkan.

“Pandemi mengajarkan kami untuk bisa terus berusaha yang salah satu kuncinya adalah menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman.

Kegiatan ini menambah pengetahuan kami khususnya terkait perkembangan media pemasaran di era yang serba digital ini, kami juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana agar dapat meningkatkan daya saing.’’ (Adv)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved