Breaking News:

Dinas PU Tarukim Siak Gandeng Perusahaan Pengguna Jalan, Bentuk Forum Perusahaan Peduli Jalan

Kadis PU Tarukim Kabupaten Siak Irving Kahar mengajak perusahaan untuk membuat Forum Perusahaan Peduli Jalan

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Rinal Maradjo
tribunpekanbaru.com
Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar dan jajaran serta Kepala Dishub Siak Junaidi berfoto bersama dengan perwakilan perusahaan se kabupaten Siak usai membentuk Forum Perusahaan Peduli Jalan (FPPJ) Kabupaten Siak, Jumat (26/8/2022) di aula kantor Dinas PU Tarukim Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak merangkul perusahaan-perusahaan pengguna jalan untuk mencari solusi atas perbaikan dan peningkatan jalan.

Kolaborasi tersebut menghasilkan sebuah wadah bernama Forum Perusahaan Peduli Jalan (FPPJ) kabupaten Siak, mungkin ini pertama kali dan satu-satunya di Riau.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak Ir H Irving Kahar M Eng mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi pertemuan pihak perusahaan-perusahaan pengguna jalan di kabupaten Siak, Jumat (26/8/2022) di aula kantornya.

Selain Irving Kahar, pertemuan itu dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Tarukim Ari Nufizal dan jajaran, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Siak Junaidi dan puluhan perwakilan perusahaan se -kabupaten Siak.

Irving menguraikan latar belakang pikirannya terhadap ide pembentukan FPPJ tersebut dalam pertemuan itu.

Ia menjelaskan, selama ini beberapa perusahaan terkendala dengan seringnya protes masyarakat bahkan ada yang didemo karena akses jalan yang rusak dan berdebu.

Pada akhirnya perusahaan menyikapinya dengan perbaikan yang sifatnya sementara saja.

“Selama ini kami melihat perusahaan menyikapi protes masyarakat, bahkan demonstrasi dari kelompok masyarakat terhadap perusahaan-perusahaan yang melintasi jalan di lokasi perumahan masyarakat dengan membangun konstruksi jalan yang sifatnya hanya sementara, sehingga dalam kurun waktu yang singkat, jalan yang diperbaiki perusahaan tersebut rusak kembali, dan pada gilirannya masyarakat protes kembali, dan ini berulang -ulang terjadi, tidak ada solusi yang permanen atau berjangka panjang,” kata Irving.

Padahal pembiayaan yang dilaksanakan secara berulang itu jika direncanakan dan dilaksanakan secara benar akan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Forum Perusahaaan Peduli Jalan (FPPJ) ini dibentuk sebenarnya dari amanah yang tertuang dalam Undang-Undang nomor 38 Tahun 2004 dan perubahannya menjadi UU nomor 2 Tahun 2022 tentang Jalan, serta Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan pada Pasal 118 tentang Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan Jalan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved