Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Kasus KDRT, Kejari Rohul Hentikan Penuntutan Usai Pelaku berdamai dengan Korban

Dengan penyerahan surat tersebut, maka Albert resmi berdamai dengan Istrinya MA yang menjadi korban kekerasan rumah tangga pelaku beberapa bulan lalu.

Penulis: Syahrul | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Kasipidum Kejari Rokan Hulu menyerahkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) atas nama Albert Sibarani alias Pak Desi pada Kamis (25/8).

Dengan penyerahan surat tersebut, maka Albert resmi berdamai dengan Istrinya MA yang menjadi korban kekerasan rumah tangga pelaku beberapa bulan lalu.

Kasipidum Hendar Rasyid Nst mengatakan, penyelesaian perkara melalui Restorative Justice (RJ) itu dilakukan setelah adanya perdamaian antara Albert dan istrinya.

"Pengajuan RJ ini dilakukan oleh pelaku yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dan diketahui serta disetujui oleh keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya," ungkap Kasipidum.

Penyelesaian perkara itu juga dilakukan setelah pelaku memenuhi sejumlah unsur sebagaimana diatur di dalam Peraturan Kejaksaan dan aturan terkait lainnya.

"Berdasarkan syarat pengajuan RJ, pelaku dinilai memenuhi unsur di antaranya, belum pernah terlibat masalah hukum, belum pernah dihukum dan korban sepakat memberikan perdamaian," beber Kasipidum didampingi Kasubsi Penuntutan Stefani Alexander Marbun.

Di tempat yang sama, Aaron menambahkan, bahwa proses pengajuan RJ tersebut dikabulkan setelah adanya persetujuan dari Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejagung RI Fadil Zumhana sebagaimana diatur dalam mekanisme pemberian RJ di lingkungan Kejaksaan.

"Permohonan RJ diberikan atas persetujuan Jampidum sebagaimana diatur dalam prosedur yang diterapkan oleh peraturan kejaksaan," jelas Aaron.

Dengan dikabulkannya pengajuan RJ atas nama Albert Sibarani alias Pak Desi tersebut, Kejari Rokan Hulu sudah mengeluarkan tiga SKP2 melalui Restorative Justice sepanjang tahun ini.

Dengan diterimanya SKP2 tersebut, maka Albert Sibarani alias Pak Desi pun dibebaskan atas segala tuntutan yang dibebankan sebelumnya. (Mad)

Caption:
Albert Sibarani alias Pak Desi menunjukkan SKP2 saat berfoto bersama dengan pihak Kejari Rohul, istri, penyidik kepolisian dan perwakilan masyarakat setempat di loby Kejari Rohul.

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Syahrul Ramadhan di Rokan Hulu

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved