Breaking News:

Berita Siak

Update Kasus PMK di Siak, 283 Ekor Terinfeksi dengan Sebaran di 10 Kecamatan

Update data kasus PMK di Siak, Senin (29/8/2022), jumlah sapi terinfeksi sebanyak 283 ekor.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Ist
Update data kasus PMK di Siak, Senin (29/8/2022), jumlah sapi terinfeksi sebanyak 283 ekor. FOTO: Salah satu sapi yang dibeli Baznas Siak yang mengalami PMK di Kampung Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Update data kasus PMK di Siak, Senin (29/8/2022), jumlah sapi terinfeksi sebanyak 283 ekor.

Sebaran kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tersebut di 10 kecamatan se Kabupaten Siak.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Siak drh Hj Susilawati MM mengatakan, sebaran kasus PMK di 21 desa di dalam 10 kecamatan tersebut. Dari 283 ekor sapi terinfeksi PMK, terdapat 27 ekor sapi yang sakit, 4 ekor mati dan 3 ekor potong paksa.

“Kami terus berupaya untuk melakukan pencegahan dan penindakan untuk menekan angka kasus. Setidaknya sampai saat ini kami telah melakukan vaksinasi untuk 4.782 ekor sapi se kabupaten Siak,” kata Susilawati.

Ia menerangkan, kasus tersebut menyebar di kecamatan Tualang, Kandis, Bungaraya, Koto Gasib, Dayun, Lubukdalam, Siak, Mempura, Kerinci Kanan dan Minas. Di Kecamatan Tualang kasus tersebar di desa Maredan 8 ekor, Perawang Barat 1 ekor, dan Tualang 20 ekor, serta Pinang Sebatang Barat 8 ekor.

“Di kecamatan Tualang sembuh 28 ekor dan potong paksa 1 ekor. Kami telah melakukan vaksinasi di Tualang ini sebanyak 400 ekor,” kata Susi.

Baca juga: Baznas Siak Beli 12 Ekor Sapi Tanpa Dokumen Ternak, Ternyata Terjangkit PMK dan 2 Ekor Mati

Di Kecamatan Kandis terdapat 101 ekor sapi yang terjangkit PMK. Dari jumlah itu, sebanyak 98 ekor dinyatakan sembuh dan mati 3 ekor. Di kecamatan ini Diskannak Siak sudah melakukan vaksinasi sebanyak 2.400 ekor.

Di Kecamatan Bungaraya terdapat 17 ekor sapi terinfeksi PMK. Dari angka itu sembuh 16 ekor dan potong paksa 1 ekor. Sebaran kasus terdapat di desa Jayapura.

Di Kecamatan Koto Gasib terdapat 8 ekor sapi terinfeksi PMK, namun 7 ekor sakit dan 1 ekor dipotong paksa. Kasus menyebar di desa Keranji Guguh, Desa Sengkemang dan Desa Empang Pandan. Di kecamatan ini vaksinasi sudah dilaksanakan untuk 500 ekor sapi.

Di Kecamatan Dayun terdapat 40 ekor sapi terinfeksi PMK dan semuanya sembuh. Di kecamatan ini sebaran di Desa Sialang Sakti, Berumbung Baru dan Buana Makmur. Di kecamatan ini sudah dilaksanakan vaksinasi untuk 631 ekor.

Di Kecamatan Lubukdalam terdapat 22 ekor sapi terjangkit PMK, 15 ekor sembuh dan 7 ekor sakit. Di kecamatan ini sebaran terdapat di Desa Sialang Baru. Diskannak Siak telah melakukan vaksinasi di kecamatan ini untuk 97 ekor sapi.

Di Kecamatan Siak terdapat 6 ekor sapi terjangkit kasus PMK, sembuh 5 ekor dan mati 1 ekor. Di kecamatan ini sebaran kasus terdapat di Desa Langkai dan Merempan Hulu. Di kecamatan Siak juga telah dilakukan vaksinasi untuk 120 ekor sapi.

Di Kecamatan Mempura terdapat 5 ekor sapi terinfeksi PMK dan sembuh semuanya. Kasus terdapat di kelurahan Sungai Mempura dan Desa Merempan Hilir. Vaksinasi telah dilakukan untuk 100 ekor sapi di kecamatan ini.

Di Kecamatan Kerinci Kanan terdapat 42 ekor sapi terinfeksi PMK dan sembuh semuanya. Kasus tersebut terdapat Desa Bukit Harapan. Sedangkan vaksinasi di kecamatan ini sudah dilaksanakan untuk 341 ekor sapi.

Terakhir di Kecamatan Minas terdapat 5 ekor sapi terinfeksi PMK, semuanya masih sakit. Kasus inu terdapat di Desa Minas Barat. Di kecamatan itu juga telah dilakukan vaksinasi untuk 193 ekor. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved