Breaking News:

Berita Siak

Hadiri Peresmian Sago Center P2K2, Sekda Siak Dukung Pengolahan Sagu

Sekda Kabupaten Siak Arfan Usman menghadiri peresmian Sago Center P2K2 Unri.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Sekdakab Siak Arfan Usman ikut membubuhkan tanda tangan saat peresmian Sago Center di hotel Grand Elit, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Arfan Usman menghadiri peresmian Sago Center Pusat Pengembangan Kreatif dan Kewirausahaan (P2K2) Universitas Riau (Unri), Rabu (31/8/2022) di hotel Grand Elite Pekanbaru.

Kegiatan tersebut mengangkat semangat dengan tagline Empowering People and Creating Value.

“Kehadiran kita di acara ini untuk melihat pengembangannya dan peluang untuk Kabupaten Siak. Sebab di bagian pesisir kabupaten Siak bahan baku sagu sangat melimpah produksinya,” kata Arfan usai mengikuti kegiatan itu.

Arfan mengatakan, Sago Center ini merupakan suatu Program Pengolahan Sagu kerjasama antara Unri dan Pertamina Hulu Rokan (PHR). Pemkab Siak sudah seharusnya nimbrung dengan program ini sebab di kecamatan Sungai Apit juga akan dikembangkan produksi sagu.

"Sago Center ini nantinya akan mengolah Sagu untuk diolah berbagai macam produk, seperti kerupuk sagu dan berbagai macam olahan dan produk turunannya,” jelas Arfan.

Arfan berharap, dengan adanya Sago Center ini, pengolahan sagu kedepannya akan semakin baik dan bisa menciptakan berbagai macam olahan lainnya. Petani sagu di Siak siap untuk menyuplai bahan baku.

"Sebagai salah satu makanan tradisional, sagu juga harus dikembangkan pengolahannya, agar sagu bisa terus dinikmati oleh masyarakat, baik Siak maupun luar Siak,” kata dia.

Sementara itu Rektor Unri Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, Sago Center ini pioner untuk pengembangan produk turunan sagu. Sago Center tercipta berkat kerjasama antara Unri dengan PHR dalam peningkatan sumber daya manusia.

"Sagu merupakan komoditas lokal di Provinsi Riau yang tidak banyak tumbuh, hanya ada di beberapa Kabupaten yakni Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Siak. Karena itu dukungan dari pemerintah daerah setempat sangat diperlukan,” kata Aras Mulyadi.

Menurutnya, sebagai salah satu komoditas lokal sudah sepatutnya Unri ikut campur untuk pengembangan produksi sagu dan turunanya yang lebih modern dan bermanfaat. Sago Center bahkan bercita-cita ingin menjadikan produk olahan sagu bisa mewakili produk pangan khas Riau ke luar daerah, nasional dan mancanegara.

Sago Center P2K2 Unri tersebut, diresmikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Distransnaker) Provinsi Riau Imron Rosyadi. Ia juga menyebut Siak sebagai salah satu daerah suplier yang harus ikut berpatisipasi pada program -program Sago Center. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved