Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Soal Kinerja Anggota DPRD Pekanbaru, Ketua Komisi II Dapot: Bekerja lah Sesuai Tupoksi Komisi Saja

Anggota DPRD Pekanbaru belakangan ini, sangat bersemangat membantu, dan mengakomodir aspirasi masyarakat.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Syafruddin Mirohi
Anggota DPRD Pekanbaru belakangan ini, sangat bersemangat membantu, dan mengakomodir aspirasi masyarakat. Foto: Dapot Sinaga SE 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Anggota DPRD Pekanbaru belakangan ini, sangat bersemangat membantu, dan mengakomodir aspirasi masyarakat.

Bahkan saking bersyahwatnya, beberapa dewan di antaranya, bekerja yang tak sesuai dengan Tupoksi komisinya.

Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Dapot Sinaga SE mengaku, sangat sepakat dengan hal ini. Sebab, di masing-masing komisi, sudah ditetapkan mitra kerjanya. Baik mitra kerja pemerintah, maupun pihak swasta.

Tujuannya, agar tidak terjadi tumpang tindih kerja, serta saling menghargai sesama anggota dewan lainnya. Seperti halnya terkait masalah pasar di Kota Pekanbaru.

Ada anggota dewan yang bukan anggota Komisi II DPRD, mengomentarinya. Padahal, bukan Tupoksinya. Sehingga hal ini terkesan, tidak lagi menghargai para anggota Komisi II DPRD, yang memang Tupoksinya.

"Di sini yang lebih kita tekan kan, soal etika dan kepatutan saja. Bukan aturan hukum verbal. Itu lah gunanya dibuat komisi dan mitra kerjanya. Biar masing-masing bisa concern bekerja. Bekerja lah sesuai Tupoksi komisinya saja," papar Dapot Sinaga kepada wartawan, Kamis (1/9) siang.

Politisi senior PDI-P ini mengaku sangat faham tentang Tupoksi dasar anggota DPRD, yakni sebagai pengawasan, penganggaran dan legislasi. Namun Tupoksi itu bisa melekat, apabila yang diperjuangkan murni kepentingan rakyat banyak.

Bukan kepentingan sekelompok, apalagi segelintir orang. Lebih ironisnya lagi, karena saling ambil mitra kerja komisi lain, masyarakat jadi terpecah belah. Termasuk di internal DPRD Pekanbaru, juga merasa saling tidak menghargai lagi.

"Kita contohkan masalah pasar, kan sudah jelas mitra Komisi II, kenapa ada anggota komisi lain yang nyaplok. Kalau dari asosiasi, silakan. Tapi jangan bawa-bawa DPRD. Namun ingat, jabatan selaku anggota dewan pasti melekat. Ini yang harus dipahami," sebutnya.

Dapot menegaskan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja para rekan-rekan sesama anggota DPRD, terutama bekerja untuk masyarakat banyak, tanpa ada kepentingan yang tersirat.

"Mari kita jaga hubungan baik selama ini, jangan karena kepentingan semu, kita tidak lagi saling menghargai. Jadikan pengalaman internal lalu sempat sedikit cekcok karena tak lagi menghargai, jadi pelajaran berharga," pinta legislator dua periode ini lagi. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved