Breaking News:

Berita Kampar

Dampak BBM Naik, Ongkos Travel Pekanbaru - Bangkinang - Ujung Batu - Pasir Pengaraian Langsung Naik

Ongkos travel trayek Pekanbaru - Bangkinang langsung naik, hal ini dampak dari kenaikan harga BBM

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan
Terminal Bandaraya Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Dampak dari kenaikan BBM, onkos angkutan umum termasuk mobil travel dan bus langsung naik. 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Ongkos travel trayek Pekanbaru - Bangkinang langsung naik. Ini menyusul harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik sejak Sabtu (3/9/2022) lalu.

Udin, seorang supir travel, mengatakan, ongkos dari Pekanbaru ke Bangkinang dan sebaliknya naik Rp 5.000. Sebelumnya Rp 20.000 menjadi Rp 25.000.

"Ongkos naik sudah dua hari ini. Sejak Minggu kemarin," kata Udin kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (5/9/2022).

Seperti diketahui, trayek ini sejurus dengan Pekanbaru - Pasir Pengaraian, Rokan Hulu melewati Ujung Batu. Armada travel menggunakan bahan bakar solar.

Solar sunsidi termasuk dalam gelombang kenaikan harga BBM kali ini. Harga solar subsidi naik dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter.

Udin menyebutkan, ongkos travel dari Pekanbaru ke Ujung Batu dan Pasir Pengaraian juga naik. Trayek Pekanbaru ke Ujung Batu dari semula Rp 50.000 menjadi Rp 60.000.

Sedangkan Pekanbaru ke Pasir Pengaraian, semula Rp 65.000 menjadi Rp 75.000. "Naik Ujung Batu dan Pasir Pengaraian naik 10.000," katanya.

Tarif Bus Antar Kota Antar Provinsi Juga Naik

PO di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru mulai menaikkan harga tiket. Ada kenaikan harga tiket 15 persen dari harga sebelum BBM mengalami kenaikan.

"Kenaikan harga tiket rata-rata mulai naik 15 persen dari harga sebelum BBM naik," terang Kordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki, Henry Tambunan kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (4/9/2022).

Menurutnya, PO bus yang menaikkan harga tiket baru PO bus rute sejumlah wilayah di Sumatera Utara dan Aceh. Sedangkan untuk rute bus PO ke sejumlah wilayah Jawa masih belum terpantau ada kenaikan.

Henry menyebut bahwa perihal harga tiket penumpang pihaknya menyerahkan ke pihak PO. Ia menyebut bahwa jenis bus PO yang mengalami kenaikan merupakan jenis eksekutif.

Sementara itu, untuk bus jenis ekonomi pihaknya hanya melihat tarif batas atas dan batas bawah. Ia menyebut PO baru menaikkan harga tiket bus yang eksekutif.

Pihaknya sebagai pengelola terminal juga belum mendapat arahan dari Kementerian Perhubungan maupun Dirjen Perhubungan Darat terkait tindak lanjut sebuah PO bus menaikkan tiket penumpang.

( Tribunpekanbaru.com / Fernando Sihombing )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved