Breaking News:

Berita Siak

Wabup Siak Suruh Kasinem Daftarkan Keripik Empingnya di Aplikasi Siakku

Kasinem disapa Wakil Bupati Siak Husni Merza di sela-sela kesibukannya berjualan keripik tersebut.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Kasinem, warga kampung Seminai kecamatan Kerinci Kanan berjualan di saat acara Bujang Kampung, Jumat (2/9/2022) di kantor desa setempat. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kasinem memeriahkan program Bupati Berkantor dan Bekerja di Kampung (Bujang Kampung) dengan berjualan keripik emping cabe di kantor Desa Seminai, Kecamatan Kerinci Kanan, kabupaten Siak, Jumat (2/9/2022).

Kasinem pun disapa Wakil Bupati Siak Husni Merza di sela-sela kesibukannya berjualan keripik tersebut.

”Kami para ibu dari kampung Seminai sengaja ikut memeriahkan pelaksanaan Bujang Kampung dengan berjualan makanan khas kampung Seminai. Mulai, dari kerupuk emping cabe, keripik pisang, dan sejumlah goreng-gorengan cepat saji dan frozen,” kata Kasinem.

Ia menyebut mendapatkan hasil yang lumayan saat berjualan pada kegiatan itu. Selain itu, Kasinem juga bisa langsung mendaftarkan usahanya tersebut ke Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Siak.

“Usaha kecil-kecilan seperti ini kan perlu juga semacam perizinannya, maka saya daftarkan supaya keluar nomor Induk Berusahanya (NIB),” kata dia.

Ia mengatakan, pada kegiatan itu ia bersama 14 rekannya yang lain ikut mendaftarkan usahanya di meja layanan dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak. Tidak sampai setengah hari, NIB dari usaha masing-masing keluar dan langsung dapat diterimanya.

”Kebetulan urusan NIB ada di Bujang Kampung hari ini. Kami tadi sudah mendaftarkan UMKM kami sebanyak 15 orang ke pelayanan dinas Koperasi dan UMKM,” kata dia.

Ia berharap, setelah didaftarkan usahanya ke dinas koperasi dan UMKM penjualan dapat meningkat sehingga bisa menopang perekonomian keluarganya.

"Kami juga berharap ada bantuan modal dari pemerintah, agar usaha kami berkembang. Kami juga berjualan hari ini sekaligus memperkenalkan UMKM yang ada di kampung Seminai,” katanya.

Wakil Bupati Siak Husni Merza merasa bangga melihat semangat Kasinem dan ibu-ibu penjual lainnya.Ia menghampiri Kasinem sekaligus menyerahkan NIB. Pada saat ini Husni menyuruh Kasinem dan ibu-ibu pedagang lainnya agar menjual dagangan secara online.

“Ibu-ibu silakan mendaftar di aplikasi Siakku, sehingga aplikasi itu nanti akan memuat produk yang ibu-ibu jual secara online,” kata dia.

Aplikasi Siakku merupakan aplikasi yang menampung ragam produk masyarakat Siak. Aplikasi ini mengakomodir pola customer to customer (C2C) di dalam kawasan kabupaten Siak.

“Selama ada jaringan internet selama ini pula masyarakat Siak dapat berdagang dengan baik. Hal ini kami implementasikan dalam aplikasi Siakku, untuk membantu UMKM dalam memasarkan produknya,” kata dia.

Selain itu, Husni juga mengingatkan warga terkait kenaikan harga bahan pokok makanan seperti cabai dan bahan pokok lainnya.

”Jika bapak ibu memiliki lahan kosong, bisa di manfaatkan, dengan menanam sayuran, bisa juga tanam umbi-umbian,”harapnya. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved