Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Anggaran 2023 Mulai Dibahas di DPRD Pekanbaru, Dewan Titipkan Anggaran yang Berpihak ke Masyarakat

DPRD Pekanbaru bersama TAPD Pemko Pekanbaru, melakukan pembahasan perdana, draf KUA PPAS R-APBD 2023, Senin

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Kolase Tribun Pekanbaru/Internet
DPRD Pekanbaru bersama TAPD Pemko Pekanbaru, melakukan pembahasan perdana, draf KUA PPAS R-APBD 2023, Senin 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - DPRD Pekanbaru bersama TAPD Pemko Pekanbaru, melakukan pembahasan perdana, draf KUA PPAS R-APBD 2023, Senin (5/9/2022) di ruang Paripurna DPRD Pekanbaru.

Pembahasan dipimpin langsung Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, beserta pimpinan lainnya, dan anggota Banggar. Sementara dari Pemko, hadir Ketua TAPD yang juga Sekko Pekanbaru HM Jamil, beserta kepala OPD.

Pembahasan perdana ini belum begitu terperinci. Namun yang pasti, para anggota DPRD Pekanbaru menginginkan, agar anggaran yang diplot di APBD Pekanbaru 2023, harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Kota Pekanbaru.

Seperti yang disampaikan Anggota Banggar DPRD Pekanbaru Robin Eduar SE MH. Katanya, pada tahun 2023 nanti, Pemko Pekanbaru harus benar-benar melaksanakan kegiatan tepat sasaran.

"Yang paling penting itu, anggaran yang berpihak ke masyarakat, harus menjadi prioritas di 2013. Tentunya, dalam pembahasan selanjutnya, akan kita lihat, mana yang prioritas akan kita usahakan masuk," janji Robin usai pembahasan kepada Tribunpekanbaru.com.

Besaran nilai APBD Pekanbaru Tahun 2023, berdasarkan usulan Pemko Pekanbaru dalam draf KUA PPAS estimasinya, sebesar Rp 2,65 triliun atau angka pastinya Rp 2,659.745.636.079.

Nilai ini terdiri dari pendapatan asli daerah Rp 949.638.042.727, serta pendapatan transfer Rp 1,710.107.593.352.

Beberapa OPD yang menjadi primadona, masih mendapatkan porsi anggaran besar. Seperti halnya Disdik Pekanbaru mendapatkan porsi paling besar, yakni Rp 713,3 miliar.

Kemudian DLHK mendapat suntikan anggaran Rp 123,9 miliar.  Dinas PUPR Pekanbaru diusulkan Rp 201,8 miliar. Sementara anggaran untuk Dinas Perkim Rp 113, 9 miliar. Sedangkan OPD lainnya, hanya diberi porsi di bawah Rp 100 miliar.

"Pada intinya, kami meminta, agar anggaran yang berpihak kepada masyarakat, wajib besar. Termasuk untuk penanganan banjir di PUPR dan Perkim, perbaikan jalan rusak di PUPR, pengadaan mobil tangga di Dishub harus ada untuk perbaikan lampu jalan yang rusak dan lainnya," tambah Politisi Partai PDI-P ini.

Lebih dari itu, Robin Eduar meminta kepada Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, agar benar-benar merealisasikan prpgram ini, yang notabenenya menjadi harapan tinggi masyarakat.

"Ini akan kita awasi selama pembahasan. Termasuk nantinya pembahasan di tingkat komisi. Kita akan bedah satu persatu, hingga benar-benar ada anggaran untuk masyarakat ini," tegasnya.

Harapan yang disampaikan Robin ini semata-mata bertujuan, agar ada perubahan dan peningkatan kegiatan, yang bersentuhan langsung ke masyarakat di tahun 2023 nanti.

"APBD itu uang yang berasal dari rakyat, jadi harus kembali lagi untuk kemaslahatan rakyat," harapnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved