Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Dari Ekspos APBD 2023, Ketua DPRD Pekanbaru Sebut Pemko Janji Poskan Anggaran Pro Masyarakat

Pemko Pekanbaru sudah mengekspos dan memaparkan draf KUA PPAS R-APBD 2023, kepada Banggar DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemko Pekanbaru sudah mengekspos dan memaparkan draf KUA PPAS R-APBD 2023, kepada Banggar DPRD Pekanbaru. Dari hasil pemaparan tersebut, DPRD perlu membahas secara intensif, semua anggaran yang diusulkan Pemko untuk 2023 mendatang.

Bahkan, pada Selasa (6/9/2022), Banggar DPRD Pekanbaru kembali membahas secara internal, draf KUA PPAS R-APBD 2023 tersebut. Tujuannya, agar kegiatan yang akan dilaksanakan tahun depan, harus menganut Azas kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat umum.

"Memang sudah dilakukan eskpos kemarin. Dari ekspos itu, ada beberapa kegiatan yang diperuntukkan bagi masyarakat. Bahkan Pemko menyiapkan anggaran stimulus bagi masyarakat, dampak ekonomi saat ini," kata Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, menjawab Tribunpekanbaru.com.

Tidak hanya stimulus, tambah Sabarudi, Pemko Pekanbaru juga berjanji akan memposkan anggaran yang pro kepada masyarakat. Termasuk anggaran penanganan sampah, anggaran perbaikan jalan dan anggaran penanggulangan banjir.

Hanya saja, berapa anggaran yang disiapkan, DPRD mengaku belum melihat secara rinci. Sebab, draf KUA PPAS tersebut belum dikupas secara tuntas. Apalagi anggaran ini, disiapkan di masing-masing OPD terkait, sehingga kepastian nilainya bisa diketahui saat pembahasan di tingkat komisi nantinya.

"Nanti kita pastikan. Yang jelas, kita akan dorong agar memang tersedia," tegasnya.

Besaran nilai APBD Pekanbaru Tahun 2023, berdasarkan usulan Pemko Pekanbaru dalam draf KUA PPAS estimasinya, sebesar Rp 2,65 triliun atau angka pastinya Rp 2,659.745.636.079.

Nilai ini terdiri dari pendapatan asli daerah Rp 949.638.042.727, serta pendapatan transfer Rp 1,710.107.593.352.

Saat Disinggung berapa nilai anggaran di APBD Perubahan 2022, Politisi Senior PKS ini belum bisa memastikan. Sebab, draf KUA PPAS R-APBD Perubahan 2022 belum masuk ke DPRD Pekanbaru.

"Rencananya KUA PPAS R-APBD Perubahan 2022 masuk hari ini. Kita lihat lah berapa anggaran di perubahan," sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, jika melihat tren PAD yang masuk di kas daerah Kota Pekanbaru tahun 2022 ini, seharusnya di APBD Perubahan 2022, ada penambahan anggaran.

"Kalau bicara tren, harusnya bertambah. Tapi kita lihat lah pastinya setelah (KUA PPAS) masuk," akunya.

Seperti diketahui, APBD Murni 2023 paling lambat disahkan pada 30 November mendatang. Sementara tenggat waktu terakhir pengesahan APBD Perubahan 2022, 30 September. Artinya, untuk APBD Perubahan 2022, DPRD Pekanbaru hanya punya waktu untuk pembahasannya sekitar tiga pekan lagi. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved