Breaking News:

PTPN V Dinobatkan Sebagai Anak BUMN Perkebunan Terbaik di Indonesia

PT Perkebunan Nusantara V dinobatkan sebagai anak perusahaan BUMN klaster perkebunan terbaik di Indonesia.

Editor: M Iqbal
istimewa
CEO PTPN V  Jatmiko Santosa (kiri), bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirut Holding Perkebunan Nusantara Abdul Ghani berfoto bersama dengan petani sawit mitra Binaan PTPN V, belum lama ini. Menteri BUMN memuji langkah kolaboratif dan sinergi Jatmiko Santosa dalam menakhodai dan membawa perubahan signifikan di tubuh PTPN V dalam empat tahun terakhir. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V dinobatkan sebagai anak perusahaan BUMN klaster perkebunan terbaik di Indonesia.

Hal itu berdasarkan hasil riset yang dilaksanakan secara independen dan akuntabel oleh Biro Riset Infobank (BiRI) terhadap kinerja 127 perusahaan BUMN sepanjang 2021. 

Hasil riset tersebut telah dipublikasikan oleh Majalah Infobank yang mengangkat tema "127 Rating BUMN 2022" edisi September 2022 ini. 

Dalam publikasinya, Infobank yang dikenal sebagai majalah perbankan dan keuangan terkemuka dengan keunggulan analisis dalam pemberitaan yang didukung oleh data yang akurat menyebutkan bahwa perolehan laba PTPN V sepanjang 2021 mencapai Rp1,3 triliun atau melonjak 212,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya

"Perolehan laba ini ditopang kenaikan pendapatan usaha sebesar 39,46 % atau menjadi Rp7,42 triliun. Anak usaha PTPN III ini beraset Rp10,98 triliun per 2021," ulas Biro Riset Infobank seperti yang telah dipublikasikan Majalah Infobank. 

Tak hanya dari sisi pertumbuhan yang solid, Infobank menyatakan indikator keuangan lain perusahaan yang dipimpin Jatmiko Santosa sebagai Direktur PTPN V itu juga terlihat siginifikan dari sisi rentabilitas.

Misalnya, return of equity atau ROE-nya tercatat 47,73 % . 

"ROE-nya 47,73 % , tertinggi di antara perusahaan-perusahaan anak BUMN dan sedangkan ROA (Return Of Asset) sebesar 12,62 % merupakan salah satu yang terbaik di antara perusahaan-perusahaan anak BUMN," ulasnya lagi. 

Selanjutnya, dari sisi efesiensi PTPN V juga memiliki catatan gemilang dengan rasio BO/PO di posisi 72,98 % . Sehingga, berdasarkan penilaian-penilaian tersebut PTPN V dinilai oleh BiRI layak menjadi anak perusahaan perkebunan milik negara terbaik di Indonesia, mengungguli banyak anak perusahaan lainnya dan klaster serupa dengan predikat Sangat Bagus atau AA.

Tak hanya itu, ragam perbaikan yang diusung Jatmiko Santosa dalam kurun waktu hampir empat tahun terakhir juga menempatkan PTPN V sebagai anak perusahaan terbaik ke tiga seluruh Indonesia. PTPN V tepat berada di belakang PT Jamkrindo dan PT Bukit Asam, serta diatas PT Perusahaan Gas Negara, PT Kimia Farma, Pegadaian dan lainnya. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved