Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Bupati Sukiman Klaim 11 titik Koordinasi Tapal Batas Menjadi Milik Rohul

Dengan diperjelasnya hasil finalisasi itu, Sukiman mengimbau kepada seluruh warga Rokan Hulu di perbatasan Rohul-Padang Lawas agar tidak khawatir

Penulis: Syahrul | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu Sukiman mengatakan, sengketa perbatasan antara Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau dengan Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumut akhirnya menemui titik terang.

Sebanyak 11 titik koordinat yang bergeser di Rokan Hulu akhirnya bisa dikembalikan setelah ada finalisasi di Kemendagri pada 24 Agustus 2022 lalu di Jakarta.

Sukiman saat diwawancara di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul pada Rabu (7/9) mengatakan, 11 titik koordinat tersebut berada di Desa Tambusai Barat di Rokan Hulu yang berbatasan dengan Desa Sungai Korang di Padang Lawas, Sumut sudah berhasil dikembalikan ke wilayah Rokan Hulu.

"Sebelumnya kan masuk ke dalam wilayah Padang Lawas semua dari 11 titik koordinat tersebut. Setelah ada finalisasi, semuanya kembali masuk ke dalam wilayah Rokan Hulu," beber Sukiman.

Berdasarkan Berita Acara Kesepakatan bernomor 01/BAD I/VIII/2022, ada tiga poin yang disetujui oleh seluruh tim dari PBD Pusat, PBD Sumut, PBD Riau, PBD Kabupaten Padang Lawas, dan PBD Rokan Hulu.

Tiga poin itu adalah, pertama, 11 titik koordinat batas daerah itu kembali pada lokasi semula.

Kedua, masing-masing pihak sepakat untuk melakukan perubahan pada Pasal 2 Huruf am Permendagri Nomor 18/2019 tentang Batas Daerah Padang Lawas dengan Rokan Hulu dengan menambahkan 11 titik koordinat itu kepada Rokan Hulu.

Terakhir, berita acara itu ditandatangani oleh seluruh pihak terkait sebagai bukti telah disepakatinya pergeseran lokasi titik koordinat dimaksud.

Dengan diperjelasnya hasil finalisasi itu, Sukiman mengimbau kepada seluruh warga Rokan Hulu di perbatasan Rohul-Padang Lawas agar tidak khawatir dalam mengurus segala keperluan administratif.

"Kepada seluruh warga Rohul di perbatasan, tak perlu khawatir lagi dalam mengurus keperluan administratif. Karena, hal tersebut dapat dilakukan langsung di Rokan Hulu seperti biasa," imbaunya.

"Dengan hasil finalisasi ini juga saya ingin menyampaikan, bahwa simpang siurnya informasi terkait masalah tapal batas sudah selesai dan segala sesuatu yang bergeser sebelumnya sudah dikembalikan kepada Rokan Hulu," tandasnya menegaskan. (Mad)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved