Breaking News:

Berita Kampar

Harga Bahan Pokok di Kampar Pasca Harga BBM Naik : Beras Naik Tipis, Daging Turun

Harga sejumlah bahan pokok di Kampar terpantau masih stabil setelah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik.

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Harga sejumlah bahan pokok di Kampar terpantau masih stabil setelah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. FOTO ILUSTRASI. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Pasca harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik, harga beberapa bahan pokok di Kampar terpantau masih stabil.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdag-KUKM) Kampar, Henry Dunan melalui Kepala Seksi Pengawasan Pangan dan Pemantauan Harga Barang, Muhammad Hasbi mengemukakan, belum ada kenaikan harga bahan pokok yang signifikan.

"Hanya beras yang naik 1000 per kilogram," katanya kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (9/9/2022).

Kenaikan harga beras terjadi hampir di semua merek. Akumulasi kenaikan menjadi lebih terasa jika pembelian dalam satuan sak mulai dari ukuran 10 kilogram.

"Kalau yang sak 10 kilogram, misalnya dari 135.000 menjadi 145.000," ujarnya.

Sementara itu, harga telur terpantau masih tetap dari pekan lalu. Yakni, di angka mencapai Rp 53.000 per papan. Telur dalam satuan papanan (egg tray) terdiri 30 butir.

Disdag KUKM masih tetap pada penilaiannya karena efek bantuan sosial dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Pendistribusian bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) didominasi telur.

"Telur di pasaran, belum banjir. Kalau nanti sudah banjir, pasti turun," ujarnya.

Berbeda dengan pernyataan Dinas Sosial Kampar yang tidak begitu sepakat dengan anggapan bahwa lonjakan harga telur hanya karena PKH. Kenaikan harga bisa disebabkan beberapa faktor.

Kembali ke penjelasan Hasbi. Harga daging justru turun beberapa hari belakangan. Ia menyebutkan, harga daging Sapi dari sebelumnya rata-rata Rp. 150.000 per kilogram, turun hingga Rp. 20.000.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved