Breaking News:

Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme dari Kulit Bawang sebagai Antibakteri pada Sabun Pencuci Piring

Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Dari Kulit Bawang Sebagai antibakteri Pada Sabun Pencuci Piring yang dilakukan di Pondok Dahlia Indah Kulim, Pekanbaru

Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Dosen Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Adelina Maryanti, S.Si., M.Sc foto bersama warga usai Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme dari Kulit Bawang sebagai Antibakteri pada Sabun Pencuci Piring di Kulim. 


TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dosen Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Adelina Maryanti, S.Si., M.Sc mengajak puluhan orang untuk memanfaatkan sampah rumah tangga.

Melalui kegiatan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Dari Kulit Bawang Sebagai antibakteri Pada Sabun Pencuci Piring yang dilakukan di Pondok Dahlia Indah RT 3 RW 12 Kelurahan Pebatuan, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru.

Pemaparan yang disampaikan Adelina menjelaskan bahwa di antara sumber sampah rumah tangga berasal dari sisa-sisa bahan masakan yang merupakan bahan organik, contohnya kulit bawang.

Kulit bawang biasanya dibuang tanpa diketahui manfaatnya. Kulit bawang mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain antioksidan, kulit bawang juga mengandung zat antimikroba, antibakteri dan anti jamur.

Kulit bawang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih, maupun sebagai pupuk alami dan pestisida yang efektif.

Aplikasinya dengan memanfaatkan cairan eco enzyme sebagai antibakteria pada cairan sabun pencuci piring.

Selain itu Adelina juga menjelaskan tentang pengolahan sampah kulit bawang yang bisa dilakukan dengan cara fermentasi.

Fermentasi sampah organik dikenal sebagai eco enzyme.

Proses fermentasi bahan organik sangat sederhana yaitu dengan membuat campuran sampah organik dan dengan gula dan air dengan perbandingan 3:1:10.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved