Breaking News:

Buka Pesta Siaga, Gubri Tegaskan Gerakan Pramuka Adalah Wadah Pembentukan Karakter

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Masrul Kasmy membuka Pesta Siaga Kwarda Riau bertempat di halaman Hotel Mona Plaza Pekanbaru.

Editor: M Iqbal
istimewa
Gubernur Riau diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau Masrul Kasmy bersama Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Riau Kasiarudin bersama - sama memasang tanda peserta kepada perwakilan peserta sebagai tanda dibukanya Pesta Siaga Kwarda Riau, Selasa 13/9/22 sore di halaman Hotel Mona Plaza Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Masrul Kasmy membuka Pesta Siaga Kwarda Riau bertempat di halaman Hotel Mona Plaza, Selasa, 13/9/2022.

Gubri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Masrul Kasmy menyampaikan sungguh elok dan tepat anak-anak memilih kegiatan kepramukaan karena Gerakan Pramuka mengajarkan kedisiplinan, kemandirian serta budi pekerti agar kelak menjadi generasi yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama serta keluarga.

Gubri sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan Pesta Siaga Kwarda Riau Tahun 2022.

“Sebagai Gubernur dan juga Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Harapannya ditempat lain juga dilaksanakan berbagai kegiatan serupa guna mendukung pendidikan karakter generasi muda, khususnya di Provinsi Riau yang kita cintai ini. Sehingga masa depan ananda dan generasi muda umumnya dapat berhasil dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan agama,” kata Masrul saat membacakan sambutan Gubri.

Ditambahkannya, Pramuka yang mempunyai kepanjangan dari Praja Muda Karana adalah para pemuda yang suka berkarya, generasi muda yang terampil, inovatif serta mandiri.

“Pendidikan Kepramukaan tidak hanya membuat anak-anak kita lebih berkarakter dan mempunyai kepribadian yang positif, tetapi Pramuka juga mengajarkan siswa bagaimana mengenal lingkungan sekitar, mengenal sesama dan juga budaya dengan teman-temannya,” ujar Masrul.

“Semua hal yang dilakukan di atas, sangat membantu program pemerintah dalam upaya membangun di segala bidang baik fisik maupun manusianya, sehingga Insyaallah visi dan misi Provinsi Riau dapat tercapai,” harapnya.

“Kami mengucapkan selamat dalam mengikuti pesta siaga Riau tahun 2022, raihlah impian dan cita-cita ananda dengan belajar dan bekerja secara tekun, sayangi dan hormati orang tua serta gurumu,” ucapnya.

Sementara Ketua Kwarda Riau Kasiarudin dalam sambutannya menyampaikan Pramuka Siaga adalah anak-anak usia 7-10 tahun, ada juga disebut Pra Siaga usia sebelum 7 tahun. Salah satu yang diucap oleh Pramuka Siaga adalah Satya Pramuka dan pentingnya mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan Pramuka Siaga.

“Jadi anak-anak kita ini dimudahkan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai spiritual di hatinya, jadi itu diucapkan sebagai misal Siaga itu dibimbing dia mengucapkan semacam janji bahwa ia akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan taat kepada aturan keluarga, itu Satya yang pertama,” kata Ilal sapaan akrab Kasiarudin.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved