Breaking News:

Berita Riau

Seleksi Panwas Kecamatan Mulai Dibuka di Riau untuk Pemilu 2024

Persiapan untuk menghadapi pemilu 2024 di Riau terus dilakukan, termasuk dari pihak pengawasan yang mulai merekrut Panwas Kecamatan.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
NET
Persiapan untuk menghadapi pemilu 2024 di Riau terus dilakukan, termasuk dari pihak pengawasan yang mulai merekrut Panwas Kecamatan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Persiapan untuk menghadapi pemilu 2024 di Riau terus dilakukan, termasuk dari pihak pengawasan yang mulai merekrut Panwas Kecamatan.

Seleksi Panitia Pengawas Pemilu kecamatan (Panwascam) dimulai 21 hingga 27 September 2022.

Komisioner Bawaslu Riau Kordinator Sumber Daya Manusia (SDM) Hasan menjelaskan, proses perekrutan masih menjadi Bawaslu Kabupaten dan Kota, Bawaslu di daerah ini membentuk kelompok kerja (Pokja).

"Bertugas menjalankan proses seleksi, ketua Pokja nya Kordinator Divisi SDM dan sekretaris nya merupakan Kordinator Sekretariat,"ujar Hasan.

Seluruh Bawaslu Kabupaten dan Kota sendiri sudah melakukan pengumuman pendaftaran melalui website resmi masing-masing Bawaslu di Kabupaten dan Kota.

"Hari ini mulai diumumkan sudah diupload di seluruh website. Termasuk persyaratan, alur pendaftaran dan informasi penting lainnya, jadi pendaftar cukup lihat di website itu saja,"ujar Hasan.

Untuk persyaratan pendaftaran sendiri menurut Hasan, masih merujuk pada UU nomor 7 tahun 2017 terkait Pemilu khusus di pasal 117, batasan usia minimal 25 tahun pendidikan minimal SMA sederajat.

"Syarat lain bisa dilihat di pengumuman pendaftaran, dan alurnya juga masih seperti penerimaan panwas sebelumnya,"jelas Hasan.

Untuk anggota Panwascam ini sendiri dari sisi honor akan mengalami peningkatan juga sesuai Peraturan Kementerian Keuangan.

"Honornya untuk ketua sekarang Rp2,2 juta sedangkan anggota Rp1,9 juta ada perubahan termasuk di PPK sesuai dengan ketetapan dari Menteri Keuangan,"jelasnya.

Untuk seleksi anggota Panwascam ini sendiri terbagi dalam tiga tahapan, mulai dari seleksi administrasi, seleksi tes tertulis dan terakhir seleksi wawancara.

"Yang menetapkan nantinya tetap dari Bawaslu Kabupaten dan Kota,"ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved