Breaking News:

Berita Rohil

Tokoh Masyarakat Rohil Bertanya Kapan Pilpeng Digelar, 50 Kepenghuluan Habis Masa Jabatan di 2022

Tokoh masyarakat Rohil, Jhony Charles mengatakan sebelum masa jabatan penghulu habis seharusnya DPMD sudah membuat pengumuman tentang Pilpeng

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Tokoh masyarakat Rohil, Jhony Charles mewakili warga bertanya-tanya kenapa tahapan Pilpeng tidak kunjung dimulai padahal ada 50 Kepenghuluan yang sudah habis masa jabatannya pada tahun ini. 


TRIBUNPEKANBARU.COM, BAGANSIAPIAPI - Belum juga terlaksananya tahapan Pemilihan Penghulu (Pilpeng) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjadi perhatian masyarakat dan banyak elemen.

Pasalnya terdapat sekitar 50 kepenghuluan yang sudah habis masa jabatannya pada tahun 2022 ini.

Namun tahapan Pilpeng tidak kunjung dimulai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rohil.

Hal ini tentu saja menjadi pertanyaan masyarakat, karena semestinya tahapan atau pendaftaran calon harus dibuka kembali agar masyarakat bisa menentukan siapa yang menjadi pemimpin di kepenghuluan mereka.

Menurut tokoh masyarakat Rohil, Jhony Charles BBA, MBA, sebelum masa jabatan penghulu habis seharusnya DPMD selaku dinas terkait sudah membuat pengumuman atau pemberitahuan kepada masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai penghulu di daerahnya.

“Seharusnya membentuk Panitia Pemilihan Penghulu. Saya minta kepada DPMD dan Pansus DPRD Rohil agar transparan terkait kapan Pilpeng?” ujar Jhony.

“ Karena banyak di kepenghuluan sekarang hanya diisi oleh petugas harian atau pejabat sementara,” ujar tokoh yang berdomisili di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih ini kepada awak media, Rabu (14/9/2022).

Pria yang akrab disapa JC ini mencontohkan seperti yang terjadi di Ujung Tanjung dimana masa jabatan penghulunya telah selesai, sehingga sebagian masyarakat ingin mencalon diri menjadi pemimpin desa mereka.

“Saya sebagai masyarakat Rohil yang berdomisili di ujung tanjung, masyarakat daerah tersebut selalu mempertanyakan, kapan diadakan pemilihan penghulu yang baru,” tutur JC.

Oleh karena itu, mewakili masyarakat JC terdorong untuk mempertanyakan hal ini kepada Pemerintah Daerah melalui DPMD Rohil beserta para Anggota DPRD yang terkait Pansus Pemilihan Penghulu Rohil.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved