Breaking News:

Berita Pelalawan

Turun ke Seluruh Desa dan Kelurahan, KPU Pelalawan Cocokkan Data Pemilih yang Tak Padan

KPU Pelalawan seluruh desa dan kelurahan untuk melakukan pencocokan data pemilih menjelang Pemilu

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Dok KPU Pelalawan
Para komisioner KPU Pelalawan menggelar rapat rutin di kantornya di komplek perkantoran Bhakti Praja Pangkalan Kerinci, Senin (12/9/2022) lalu. 

TRIBUNPEKANABARU.COM, PELALAWAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan turun ke seluruh desa dan kelurahan untuk melakukan pencocokan data pemilih menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang.

Tim KPU akan mengunjungi 118 pemerintah kelurahan dan perangkat desa untuk tahap pencocokan data pemilih tersebut. Dengan rincian 104 desa dan 14 kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan di Pelalawan.

Tahapan ini dijalankan untuk proses validasi data pemilih pada Pemilu 2024 yang akan datang.

"Kita koordinasikan dengan seluruh lurah dan kepala desa di Pelalawan terkait data pemilih yang kami temukan belum padan dan data penduduk yang meninggal," ungkap Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (15/9/2022).

Wan Kardiwandi menjelaskan, data pemilih yang dimiliki KPU setelah disandingkan dengan data yang didapat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), ditemukan ketidakpadanan atau tidak cocok.

Selanjutnya, KPU juga melakukan validasi data penduduk yang telah meninggal dunia. Sehingga data pemilih lebih akurat antara di atas kertas dengan kondisi rill di masyarakat.

"Artinya ada elemen data yang berbeda untuk kita cocokan. Data yang tidak padan dan data penduduk yang meninggal. Sudah berjalan dalam Minggu ini," tambah Wan Kardiwandi.

Ia menerangkan, proses ini disebut sebagai pencocokan penelitian terbatas data pemilih yang akan disampaikan kepada kepala desa dan kelurahan.

Pihaknya yang akan mendatangi lurah dan kepala desa ke kantornya untuk menuntaskan tahapan ini.

Berdasarkan data milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pelalawan, jumlah penduduk mencapai 402.303 orang yang terdata hingga 31 Juni 2022 lalu.

Jumlah itu bertambah sekitar 6 ribu orang jika dibandingkan data penduduk pada 31 Desember 2021 silam. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved