Breaking News:

Berita Riau

Sopir Truk Mulai Gelisah Dengar Pembatasan Volume Pembelian Solar Bakal Diterapkan di Riau

Jika aturan pembatasan volume pembelian BBM subsidi jenis solar diberlakukan, para sopir mengaku mereka bakal direpotkan karena harus sering ke SPBU.

Penulis: Alex | Editor: CandraDani
Istimewa
Aktivitas pengisian BBM biosolar di SPBU Jalan Koridor Langgam Kilometer 5 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -- Sopir truk menyatakan akan menjadi pihak yang akan sangat terdampak jika aturan tentang pembatasan volume pembelian BBM subsidi jenis solar diberlakukan di Provinsi Riau.

Pasalnya, truk menjadi salah satu angkutan yang terus-terusan beroperasi dan pada umumnya melakukan perjalanan jauh.

Salah seorang sopir truk Pekanbaru-Sumatera Barat, Edi mengatakan, jika itu diberlakukan, maka pihaknya akan sangat direpotkan dengan aturan baru itu, pasalnya para sopir truk akan disibukkan tiap sebentar datang ke SPBU menambah BBM solar.

"Gawat lah kalau itu diberlakukan. Kami sopir truk yang susah. Masak harus bolak balik ke SPBU. Karena ketika volume pembelian dibatasi, pastinya kami tidak bisa isi full teng seperti biasa. Sementara kami jalan terus-terusan lakukan perjalanan jauh," kata Edi kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (16/9/2022).

Dikatakan Edi, sudah sangat banyak contoh di Pulau Jawa yang sudah memberlakukan aturan itu.

Sehingga rekannya sesama sopir truk banyak mengeluhkan hal itu.

"Kawan-kawan kita di Jawa sudah banyak mengeluh soal itu. Harus tiap sebentar ke SPBU buat ngantre. Harusnya hal ini disikapi pemerintah lebih bijak, jangan ambil kebijakan yang merugikan masyarakat tanpa pertimbangan begini," ujarnya.

Pengendara truk lainnya, Heru mengatakan, para sopir truk tidak semuanya paham teknologi. Banyak juga yang gaptek, terutama angkatan tua.

"Harusnya kan jangan disamaratakan begini, kan banyak juga yang sudah tua dan tidak melek teknologi. Nah itu bagaimana caranya. Bukan sedikit jumlahnya," imbuhnya.

Salah seorang petugas di SPBU Jalan HR Soebrantas Pekanbaru mengatakan hingga saat ini belum ada arahan untuk melakukan pembatasan jumlah volume pembelian BBM subsidi tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved