Breaking News:

Berita Kepulauan Meranti

Menteri Pertanian RI Dijadwalkan Kunjungi Kepulauan Meranti Lihat Potensi Sagu

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melihat potensi sagu

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melihat secara langsung pengembangan sagu. 


TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau untuk melihat secara langsung pengembangan potensi hulu dan produk hilirisasi sagu.

Hal sesuai dengan program Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program unggulan Direktorat Jenderal Perkebunan yaitu Sagunesia (Sagu untuk Indonesia), menjawab tantangan krisis pangan dunia.

Di antaranya pengembangan tepung sagu ke depan untuk mensubtitusi gandum yang saat ini nilai impornya masih cukup besar.

Kedatangan Menteri Pertanian Indonesia ke-28 itu dijadwalkan Minggu depan.

Syahril Yasin Limpo akan melihat langsung pengolahan sagu di Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) di Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kepulauan Meranti, Ifwandi, SP kepada Tribun Senin (19/9/2022).

Dijelaskannya, terkait kunjungan tersebut, pihaknya akan mendorong perluasan lahan agar kebun yang ada saat ini bisa memenuhi kebutuhan ke depan.

Selain itu, perlunya perkuat teknologi agar menghasilkan produksi dan produktivitas yang berkualitas dan bernilai tambah, serta kejelasan target pasar atau industrinya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kepulauan Meranti, luas areal sagu mencapai 61.806 hektare yang terbagi atas 21.620 hektare milik perusahaan dan sagu rakyat seluas 40.186 hektare.

Khusus tanaman sagu rakyat dimiliki 8.365 kepala keluarga dengan jumlah produksi 247.014 juta ton per tahun.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved