Breaking News:

Berita Riau

Penyakit DBD Meningkat di Riau, Dinas Kesehatan Pertanyakan Keseriusan Kabupaten Kota

Dinkes Riau mengklaim telah menyurati kabupaten kota di Riau agar melakukan antisipasi dan langkah-langkah pencegahan sejak awal pencegahan DBD.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
Istimewa
Tim Dinas Kesehatan Pelalawan bersama perangkat kecamatan dan kelurahan serta masyarakat melakukan fogging di Kelurahan Kerinci Timur, karena peningkatan kasus DBD beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Penyakit Demam Berdarah Den‎gue (DBD) di Provinsi Riau harus diwaspadai. Khususnya bagi daerah-daerah yang banyak ditemukan DBD. Salah satunya adalah Kota Pekanbaru.

"‎Kami minta dinas kesehatan kota lebih care (perhatian). Karena kami sejak awal sudah mengirimkan surat edaran gubernur untuk antisipasi wabah DBD ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, Senin (19/9/2022).

Seharusnya, kata Zainal kabupaten kota sudah melakukan antisipasi dan langkah-langkah pencegahan sejak awal.

Sebab pihaknya sudah memperingatkan bahkan pada priode ini akan terjadi peningkatan kasus DBD.

"Dari awal kan kita sudah sampaikan ke kabupaten kota, bahwa akan terjadi kenaikan," ujarnya.

Dengan terjadinya tren kenaikan kasus DBD ini, Zainal menegaskan kepada kabupaten kota agar tidak lalai.

Seluruh kepala dinas kesehatan, khususnya kota Pekanbaru segera memerintahkan seluruh puskesmas agar segera melakukan langkah nyata di tengah masyarakat untuk menekan angka penyebaran kasus DBD.

"Mereka (Puskesmas) harus segera memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk pencegahan, baik melalui media sosial dan turun langsung ‎ke tengah masyarakat" katanya.

Pihaknya sudah jauh-jauh hari menyampaikan informasi kepada kabupaten kota agar tidak lalai dengan mencegah penyakit DBD ini.

Namun dengan tingginya temuan kasus DBD yang terjadi saat ini, ‎pihaknya mempertanyakan keseriusan kabupaten kota dalam mencegah penyeberan penyakit DBD di wilayahnya masing-masing.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved