Breaking News:

Rayakan HUT ke-40, Bentara Budaya Gelar Rangkaian Kegiatan Seni Mulai Pameran Hingga Webinar

Mensyukuri ulang tahun ke-40 pada 26 September 2022, Bentara Budaya mempersembahkan serangkaian kegiatan seni.

Editor: Ilham Yafiz
ISTIMEWA
Rayakan HUT ke-40, Bentara Budaya Gelar Rangkaian Kegiatan Seni Mulai Pameran Hingga Webinar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Mensyukuri ulang tahun ke-40 pada 26 September 2022, Bentara Budaya mempersembahkan serangkaian kegiatan seni.

Pameran, pertunjukan, webinar, podcast, serta penghargaan budaya digelar dengan melibatkan banyak seniman lintas bidang. Semua aktivitas itu mengangkat tema besar "Bentara untuk Indonesia" dan dipusatkan di dua tempat, yakni Bentara Budaya Jakarta dan Bentara Budaya Yogyakarta.

Kegiatan perayaan HUT ke-40 Bentara Budaya telah dimulai pada Agustus 2022, dengan Pameran “Ilustrasiana Goes to Jogja” pada 12-21 Agustus 2022 yang menampilkan 23 ilustrator. Seniman dari berbagai latar belakang, budaya, suku, hingga usia secara antusias berkontribusi dalam pameran ini.

Pameran ini dibuka oleh Dosen S3 Kajian Seni dan Masyarakat Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Dr. St. Sunardi. Digelar pula diskusi menarik bertema “Jagongan Ilustrasi” pada 13 Agustus 2022 dengan pembicara Beng Rahadian dan Terra Bajraghosa. Lantas pada  pada 15 Agustus 2022, dilangsungkan talkshow dengan tema serupa di Sonora FM Yogyakarta.

Menyusul kemudian Pameran Audio Lawasan “Pelantang” di Bentara Budaya Yogyakarta pada 26-31 Agustus 2022. Dibuka oleh dr. Didi Sumarsidi selaku Ketua Padmaditya (Pelestari Audio Lama dan Radio Tabung Yogyakarta) sekaligus pecinta audio, pameran ini menampilkan pelantang atau pengeras suara dengan berbagai bentuk yang diproduksi sekitar tahun 1930-1950.  Bentuknya bervariasi, mulai dari klasik disebut katedral sampai bentuk vintage.

Memasuki September ini, akan digelar Pameran "Memoar Orang-orang Singkawang" pada 10-18 September 2022. Pameran menampilkan kenangan atau autobiografi yang menekankan kesan dan tanggapan penyaji terhadap orang-orang Kota Singkawang di Kalimantan Barat. Pameran dilaksanakan di dua tempat sekaligus: di Bentara Budaya Yogyakarta, ditampilkan fotografi Singkawang; dan di Bentara Budaya Jakarta, mengangkat keramik Singkawang koleksi Bentara.

Pameran “Ilustrasiana” akan disajikan di Bentara Budaya Jakarta pada 14-22 September 2022. Pergelaran ini berusaha mengangkat, mewadahi, serta mengapresiasi geliat ilustrasi di Indonesia. Ada berbagai gaya ilustrasi yang bersemangat merayakan keragaman budaya di Indonesia.

Selain pameran, digelar webinar dengan tema “Hantu Tak Ada Matinya: Horor dalam Budaya Kita”. Forum virtual ini akan dilaksanakan pada Jumat, 23 September 2022 dengan pembicara dari industri film, aktris, sejarawan, dan antropolog/peneliti sosial. Publik dapat mengikutinya secara gratis.

Pada momen itu, Bentara Budaya memberikan penghargaan kebudayaan untuk empat seniman terpilih dari beberapa daerah, yang berdedikasi mengembangkan seni budaya Nusantara.

Puncak Perayaan HUT Bentara

Puncak HUT ke-40 Bentara Budaya dirayakan dalam bentuk jagongan seni pada Senin malam, 26 September 2022. Acara digelar secara hybrid dan berbarengan di Bentara Budaya Jakarta dan Bentara Budaya Yogyakarta. Saat bersamaan, diluncurkan "Podcast Bentara Budaya", sebagai ruang untuk menggali proses kreatif para seniman di Indonesia. Podcast ditayangkan di channel YouTube Bentara Budaya. Empat tokoh, masing-masing dari dunia sastra, film, seni rupa, dan musik, menjadi pembuka podcast ini.

Pada malam syukuran, dibuka juga dua pameran sekaligus. Pertama, Pameran Seni Rupa “Ajur Ajer” di Bentara Budaya Yogyakarta. Sebanyak 25 perupa berpartisipasi dalam tema yang berarti ajakan untuk membaur dan bersama seniman memajukan kesenian. Selaras dengan semangat Bentara selama empat dasawarsa ini untuk melebur, mengembangkan, dan memajukan kesenian bersama para seniman di Indonesia.

Kedua, Pameran “77 Lukisan Karya 40 Perupa” Koleksi Bentara Budaya. Sebagian dari mereka adalah maestro yang mewarnai sejarah perjalanan seni rupa modern Indonesia. Angka 40 merujuk HUT Bentara, angka 77 menandai HUT kemerdekaan RI. Baik pameran di Yogyakarta maupun di Jakarta digelar selama sepekan, 26 September-2 Oktober 2022.

Malam syukuran juga dimeriahkan oleh beberapa seni pertunjukan. Ada penampilan penyanyi keroncong kekinian Endah Laras bersama Woro Mustiko, Jogja Hiphop Foundation (JHF), dan komunitas Jazz Mben Senen.

Menutup seluruh rangkaian HUT ke-40 Bentara Budaya, pada 27 September 2022, akan diadakan "Temu Sinden" di Omah Petruk, di Pakem, Wonorejo, Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apa tujuan dari perayaan HUT ke-40 Bentara Budaya? "Momen ini menjadi penegasan bahwa Bentara berkomitmen untuk terus mengawal budaya Nusantara. Saat bersamaan, peluncuran podcast menandai keseriusan kami untuk beradaptasi dengan dinamika kehidupan digital," kata General Manager Bentara Budaya & Communication Management Kompas Gramedia Ilham Khoiri. 

( Tribunpekanbaru.com )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved