Breaking News:

Berita Siak

Bupati Siak Lepas 32 Mahasiswa yang Dibiayai Baznas Siak

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak memberikan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa asal Siak.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Net
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak memberikan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa asal Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak memberikan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa asal Siak. Beasiswa tersebut dipayungi oleh program Cerdas Baznas Siak.

Pada tahun ajaran 2022/2023 ini sedikitnya ada 32 putra-putri Siak yang mendapat beasiswa tersebut. Mereka dilepas ke perguruan tinggi masing-masing oleh Bupati Siak Alfedri, Selasa (20/9/2022) di aula kantor Bupati Siak.

“Program Baznas kabupaten Siak bersinergi dengan program Pemda Kabupaten Siak, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kabupaten Siak dan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” kata Alfedri.

Alfedri memastikan mendorong program beasiswa dari Baznas Siak agar semakin banyak putra-putri asal Siak yang menempuh pendidikan tinggi. Terlebih bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Jadi ada beasiswa dari Pemkab Siak untuk anak yang berasal dari Program Keluarga Harapan, ada beasiswa berprestasi dan lain-lain. Di luar itu Baznas juga mempunyai program beasiswa sehingga menyempurnakan program Pemda tadi, dengan maksud dan tujuan memberikan akses pendidikan tinggi kepada semua kalangan seluas-luasnya,” kata dia.

Alfedri mengaku merasa bangga bisa melepas 32 mahasiswa penerima Beasiswa Utusan Daerah (BUD) Program Satu Keluarga Satu Sarjana Baznas Kabupaten Siak Tahun 2022. Pendidikan itu rata-rata lama sekolah 9 tahun, makin banyak yang sarjana angka IPM dari aspek pendidikan bisa baik.

“Sekarang rata-rata lama sekolah penduduk kabupaten Siak 9,8, tahun, mudah-mudahan ini bisa diakselerasi dengan program satu keluarga satu sarjana,” katanya.

Bupati Alfedri menambahkan, untuk meningkatkan angka IPM dan kualitas kerja di Siak salah satu jalannya adalah akses pendidikan tinggi. Mahasiswa unggulan yang berada di Jawa agar dipindahkan ke Riau, kecuali jurusannya yang memang tidak ada di Riau.

”Saya berharap kepada Kabag Kesra yang menangani beasiswa agar Delivery dalam mengurus mahasiswa. Kita ingin bagaimana kita menciptakan generasi penerus bangsa dari kabupaten Siak yang baik, unggul, beriman dan bertakwa, mudah-mudahan anak-anak jadi pemimpin umat di masa mendatang” ucapnya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Baznas melalui program Siak Cerdas, anak tidak mampu di Siak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Keberkahan Baznas adalah semakin banyak orang yang mampu punya harta dan sudah wajib berzakat mengeluarkan zakatnya.

"Kami minta kepada para mahasiswa agar belajar bersungguh-sungguh, karena mereka nanti yang akan meneruskan kepemimpinan. Mudah-mudahan mereka bisa menimba ilmu dengan baik, dan tergapai cita-citanya, serta diberkahi oleh Allah SWT dan tentu dibanggakan oleh orang tua bangsa dan negara,” ungkapnya.

Ketua Baznas kabupaten Siak Samparis Bin Tatan menyampaikan, mahasiswa yang lulus seleksi SKSS telah melewati tahapan-tahapan dari Tim Verifikator Baznas Siak.

”Kami bantu 4 tahun atau 8 semester masa studi, kami berharap agar bersungguh-sungguh belajar. Tingkatkan terus prestasinya jangan terpengaruh oleh pergaulan yang buruk . Program ini adalah wujud pencapaian kita bersama, dalam pemanfaatan zakat untuk asnaf miskin untuk meneruskan pendidikan anak ke perguruan tinggi,” tutupnya. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved