Breaking News:

Berita Pelalawan

Hari Pertama 14 Pendaftar, Bawaslu Pelalawan Mulai Rekrut Panwaslu di 12 Kecamatan untuk Pemilu 2024

Bawaslu Pelalawan mulai merekrut calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat kecamatan mulai hari ini, Rabu (21/9/2022)

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Bawaslu Kabupaten Pelalawan mulai merekrut calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat kecamatan mulai hari ini, Rabu (21/9/2022). 


TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pelalawan mulai merekrut calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat kecamatan mulai hari ini, Rabu (21/9/2022).

Proses pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan akan berlangsung selama tujuh hari sampai 27 September 2022 mendatang.

Proses perekrutan Panwaslu sesuai dengan arahan dari Bawaslu Republik Indonesia (RI) berdasarkan Peraturan Bawaslu RI nomor 8 Tahun 2019 dan atas kewenangan yang diberikan oleh Undang-undang nomor 7 tahun 2017.

Panwaslu yang direkrut di 12 kecamatan yang ada di Pelalawan untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2022.

"Pengumuman sudah kita sampaikan melalui media massa, media sosial, website kita, serta spanduk dan baliho. Hari ini merupakan hari pertama pendaftaran," tutur Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur S.Pi kepada Tribunpekanbaru.com Rabu (21/9/2022).

Mubrur menjelaskan, untuk hari pertama ini ada 14 orang pendaftar calon Panwaslu kecamatan, sebanyak 12 pelamar mengantar langsung berkasnya dan dua orang lainnya mengirim melalui email.

Memang proses pengiriman administrasi bisa dilakukan dengan menyerahkan ke kantor Bawaslu di Jalan Sultan Syarif Hasyim Pangkalan Kerinci, mengirim via pos, maupun ke email yang ditetapkan Bawaslu.

Ia menerangkan, untuk syarat mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu telah dicantumkan pada pengumuman, termasuk di website Bawaslu Pelalawan.

Ada 16 persyaratan calon anggota Panwaslu dan kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi pelamar.

"Yang akan direkrut tiga orang per kecamatan. Kalau dikalikan 12 kecamatan berarti total 36 anggora Panwaslu seluruhnya," papar Mubrur.

Ia mengungkapkan, anggota Panwaslu ini akan bertugas pada Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Mereka akan bekerja mulai Bulan November 2022 sampai pelaksanan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved