Breaking News:

DPRD PEKANBARU

Ini Porsi Anggaran Dinas PUPR dan Perkim yang Diusulkan ke DPRD Pekanbaru, Untuk Banjir Bagaimana?

Legislator menilai anggaran penanggulangan banjir di Dinas PUPR sekitar Rp 18 M dari total anggaran keseluruhan Rp 201,8 M diusulkan dinilai kurang.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Pengerukan drainase di Jalan Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Rabu (8/6/2022). Pengerukan ini untuk mencegah banjir. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Penanggulangan banjir di Kota Pekanbaru yang dilakukan pemerintah, nampaknya tidak akan bisa maksimal, jika melihat porsi anggaran yang disiapkan.

Baik itu hingga akhir tahun 2022 ini, termasuk selama tahun 2023 mendatang.

Artinya, titik-titik banjir yang ada di Ibukota Provinsi Riau ini, progresnya akan sulit ke arah yang lebih baik lagi.

Hal ini diakui Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan Kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (21/9/2022), politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, bahwa anggaran yang diusulkan Pemko Pekanbaru untuk penanggulangan banjir ini masih minim.

"Untuk APBD Perubahan 2022 ini, belum jelas. Karena kita belum lihat KUA PPAS R-APBD Perubahan 2022, Pemko belum serahkan ke kita. Tapi melihat kondisi yang ada, kalau pun ada anggarannya hingga akhir tahun 2022, itu sangat sedikit," sebut Nurul Ikhsan.

Sementara itu, untuk anggaran di APBD Murni 2023, dari usulan Pemko Pekanbaru ke DPRD Pekanbaru, anggaran penanggulangan banjir di Dinas PUPR hanya sekitar Rp 18 miliar dari total anggaran keseluruhan Rp 201,8 miliar.

Sementara di OPD terkait lainnya, Dinas Perkim, dana OP (operasional) hanya diposkan sekitar Rp 5 miliar, dari total anggaran Perkim tahun 2023 yakni Rp 113, 9 miliar.

"Kalau hanya segitu, tak cukup lah. Karena masih ada ratusan titik banjir yang akan diselesaikan. Harusnya, mesti ada sumber anggaran lainnya seperti dari Provinsi dan Pusat (DAK)," katanya.

Komisi IV DPRD yang membidangi persoalan ini, sudah meminta kepada Pemko Pekanbaru, agar menambah porsi anggaran di Perkim menjadi Rp 150 miliar. Dengan catatan, pos anggaran penanggulangan banjir dimaksimalkan.

Sebab diketahui, di anggaran Perkim ini, banyak bersentuhan dengan masyarakat secara langsung.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved