Breaking News:

Berita Pelalawan

2 Pembakar Lahan Tertangkap di Taman Nasional Tesso Nilo Pelalawan, Kepala Balai TNTN Bilang Begini

Kepala Balai TNTN Heru Sutmantoro S.Hut MM membenarkan penangkapan dua pelaku pembakaran lahan di kawasan TNTN

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Dua tersangka pembakar lahan di kawasan TNTN Pelalawan. 


TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Petugas gabungan menangkap dua orang laki-laki sedang melakukan pembakaran lahan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan pada Rabu (21/9/2022) lalu.

Kedua pelaku berinisial JM (48) dan RM (28) yang berasal dari Kecamatan Lumbang Juli Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Mereka tertangkap tangan sedang membakar areal hutan TNTN dengan cara menumbang pohon, membuat beberapa tumpukan serta membakar menggunakan minyak.

Tim gabungan dari Babinkamtibmas, Babinsa, hingga Masyarakat Peduli Api (MPA) mengamankan kedua pelaku saat patroli ke lahan bekas terbakar.

Saat dikonfirmasi, Kepala Balai TNTN Heru Sutmantoro S.Hut MM membenarkan penangkapan dua pelaku pembakaran lahan di kawasan TNTN.

Secara administratif lokasinya di Dusun Kelayang Desa Lubuk Kembang Bunga, Ukui.

Pihaknya juga terlibat dalam tim gabungan yang melakukan patroli yakni Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan (Brigdalkarhut) TNTN.

"Sekitar 20 hektare lahan yang sempat terbakar akibat ulah kedua tersangka ini. Pelakunya sudah ditangani polisi di Mapolsek Ukui," kata Heru Sutmantoro kepada Tribunpekanbaru.com Jumat (23/9/2022).

Heru Sutmantoro menerangkan, areal TNTN yang dibakar kedua pria itu merupakan kawasan hutan yang masuk dalam program Rehabilitasi (RHL).

Adapun kawasan RHL yakni areal TNTN sudah sudah sempat dirambah oleh masyarakat untuk membuka perkebunan, namun belum sempat ditanami sawit atau lainnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved