Breaking News:

Berita Pekanbaru

Tertarik Jadi Panwascam? Pekanbaru Butuh 45 Orang, Ujian Gunakan Sistem CAT

Proses Perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di Kota Pekanbaru sedang berlangsung hingga 27 September 2022

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/NASUHA NASUTION
Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution mengatakan, perekrutan Panwascam Kota Pekanbaru dibuka sejak 21 hingga 27 September 2022. 


TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Proses Perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di Kota Pekanbaru sedang berlangsung yang dibuka sejak 21 hingga 27 September mendatang. Sebanyak 45 panitia adhoc dibutuhkan di Kota Pekanbaru.

45 Panwascam ini ditempatkan di 15 kecamatan, satu kecamatan diisi tiga orang panwascam.

Menariknya lagi, tahun ini, pertama kalinya perekrutan Panwascam menggunakan Computers Assisted Test (CAT).

Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution mengatakan, sesuai aturan, pengawas Adhoc dimulai di kecamatan paling lama dibentuk satu bulan sebelum tahapan.

Tahapan Pemilu 2024 di daerah, dimulai antara November dan Desember 2022.

"Berdasarkan surat edaran dan instruksi dari Bawaslu RI, Bawaslu kabupaten kota seluruh Indonesia, akan dan sedang melakukan perekrutan Panwascam. Termasuk Bawaslu Pekanbaru,"ujar Indra, Jumat (23/9/2022).

Menurut Indra, Bawaslu Pekanbaru sudah mengeluarkan Surat Keputusan atau SK Kelompok Kerja (Pokja) perekrutan Panwascam. Pokja ini diketuai oleh Koordinator Divisi (Kordiv) SDM Siti Syamsiah.

Perekrutan sudah dibuka sejak tanggal 21 September sampai Selasa depan, tanggal 27 September.

Perekrutan ini di hari kalender. Artinya, hari Sabtu dan Minggu, Bawaslu tetap menerima berkas pendaftaran.

Data yang diterima, hingga Jumat, sudah ada 43 pendaftar. Kata Indra, Bawaslu Pekanbaru merekrut 45 komisioner Panwascam untuk Pemilu 2024.

Setiap kecamatan nantinya ada 3 komisioner Panwascam.

Lanjut dia, sistem perekrutannya, sistem gugur. Ada tiga tahapan, yang pertama seleksi administrasi. Kemudian yang lulus administrasi mengikuti tes tertulis.

"Kali ini untuk Adhoc, pertama kali di Kota Pekanbaru akan dilakukan dengan sistem CAT. Nanti akan dirangking. Per kecamatan itu masuk ke wawancara 6 peserta teratas,"jelas Indra.

Sedangkan skema seleksinya 6 teratas diwawancarai, dan akan dipilih dan dilantik 3 orang dari 6 orang diwawancarai tersebut.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved