Breaking News:

Berita Riau

Raup Cuan Ratusan Juta dari Bonsai di Pameran di Riau, Pedagang Asal Medan Bak Dapat Durian Runtuh

Bak durian runtuh, pedagang sepeda asal Medan bernama Samsuardi raup cuan ratusan juta saat Pameran Bonsai di Riau mulai 19 hingga 25 September 2022

Penulis: Alex | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Pameran Nasional Pesona Binsai The Homeland of Melayu di Lapangan UPT Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Provinsi Riau, 19 hingga 25 September 2022. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bak durian runtuh, pedagang sepeda asal Medan bernama Samsuardi raup cuan ratusan juta saat Pameran Bonsai di Riau .

Puluhan tanaman bonsai Samsuardi laris diborong oleh konsumen di Pameran Bonsai di Riau .

Sebanyak 60 batang bonsainya laku ratusan juta saat Pameran Bonsai di Riau, yaitu Pameran Nasional Pesona Binsai The Homeland of Melayu.

Pameran Bonsai di Riau itu ditaja oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Riau.

Kasi Penyuluhan Dinas PTPH Provinsi Riau, Akbar Prabowo yang juga Wakil Ketua PPBI Cabang Pekanbaru mengukur bonsai yang mengikuti kontes dalam kegiatan Pameran Nasional Pesona Binsai The Homeland of Melayu.
Kasi Penyuluhan Dinas PTPH Provinsi Riau, Akbar Prabowo yang juga Wakil Ketua PPBI Cabang Pekanbaru mengukur bonsai yang mengikuti kontes dalam kegiatan Pameran Nasional Pesona Binsai The Homeland of Melayu. (Istimewa)

Lokasi pameran di Lapangan UPT Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Provinsi Riau, mulai 19 hingga 25 September 2022.

Pria yang berprofesi sebagai pedagang sepeda ini tidak menyangka tanaman yang ia rawat sebagai hobi itu bakal diborong.

Walau selama ini tanamannya juga cukup laku, namun dikatakannya baru kali ini dibeli dalam jumlah sebanyak itu.

"Baru kali ini dibeli sebanyak itu. Ada 60 batang yang diambil, ada yang harga Rp 3 juta dan ada yang Rp 4 juta," kata pria yang akrab dengan nama Sambicycle itu saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com, Sabtu (24/9/2022).

Walau berawal dari hobi, namun merawat bonsai ternyata bisa mengisi pundi-pundi keuangannya.

Apalagi dengan keahlian yang ia miliki berkat terus belajar, Sambicycle juga menjadi seorang trainer bonsai yang kini memiliki banyak tanaman, yang saat ini mencapai ribuan bonsai.

"Kegiatan ini bisa menunjang perekonomian para petani juga pencinta bonsai. Menanam bonsai kalau kita serius prospek kedepannya cukup bagus," imbuhnya.

Bonsai warga Kualu Panam Pekanbaru yang diborong tersebut dikatakannya akan diolah lagi oleh kolektor yang membelinya. "Itu kalau jadi bonsainya harganya bisa menjadi Rp 30 juta hingga Rp 40 juta," ujarnya.

Kasi Penyuluhan Dinas PTPH Provinsi Riau, Akbar Prabowo yang juga Wakil Ketua PPBI Cabang Pekanbaru berpose dalam kegiatan Pameran Nasional Pesona Binsai The Homeland of Melayu.
Kasi Penyuluhan Dinas PTPH Provinsi Riau, Akbar Prabowo yang juga Wakil Ketua PPBI Cabang Pekanbaru berpose dalam kegiatan Pameran Nasional Pesona Binsai The Homeland of Melayu. (Istimewa)

Sementara itu, Kasi Penyuluhan Dinas PTPH Provinsi Riau, Akbar Prabowo yang juga merupakan Wakil Ketua PPBI Cabang Pekanbaru mengatakan, kegiatan itu pertama kalinya dilaksanakan di Provinsi Riau, yang diikuti oleh para pecinta bonsai se-Nusantara, dan menghadirkan 540 koleksi tanaman bonsai.

"Selain pameran, di sini kita juga melaksanakan kontes serta bursa jual beli bonsai yang di sebelah kanan. Tapi penekanan kita bukan pada bisnisnya, namun hobi yang memberikan dampak pada perekonomian masyarakat," kata Akbar kepada Tribun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved