Breaking News:

Berita Dumai

Jong, Permainan Rakyat di Dumai Dilombakan Disdikbud, Begini Cara Bermainnya

Jong merupakan sebuah miniatur perahu layar yang geraknya mengikuti arah angin dan dimainkan di pinggiran laut oleh masyarakat Riau

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Lomba Jong diselenggarakan Disdikbud Kota Dumai di Pantai Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai. 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Jong, permainan rakyat di Dumai digairahkan kembali oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai dengan menggelar lomba.

Lomba Jong diselenggarakan di Pantai Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai, Sabtu (24/9/2022).

Lomba Jong yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Bidang Budaya ini, dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Dumai, Syahrinaldi.

Jong merupakan sebuah miniatur perahu layar yang geraknya mengikuti arah angin dan dimainkan di pinggiran laut oleh masyarakat Riau, terutama para nelayan saat sedang senggang.

Selain Lomba Jong, acara turut di meriahkan sanggar tari tradisional dan bazar UKM se-Kecamatan Medang Kampai pada malam harinya.

Kabid Kebudayaan sekaligus Ketua Panitia, Norzam mengungkapkan untuk membangkitkan sekaligus meningkatkan minat masyarakat akan permainan rakyat diselenggarakanlah Lomba Jong.

" Lomba Jong yang dilaksanakan di Pantai Beringin Indah diikuti 26 peserta. Peserta yang mengikuti lomba sudah melalui babak penyisihan pada pagi harinya, dan siang ini adalah final, yang di ikuti 7 nominasi," katanya, Minggu (25/9/2022).

Norzam menjelaskan terkait hadiah, para pemenang amendapatkan trophy bagi juara 1, 2 dan 3 disumbang Lurah Guntung.

Hadiah juara Harapan 1, 2 dan 3 disumbang Pengawas Pendidikan.

"Hadiah juara favorit disediakan Camat Medang Kampai, ditambah voucher dari Grand Zuri Hotel dan uang pembinaan dari Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai," tuturnya.

Besaran uang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juara satu Rp 1 Juta, juara 2 Rp 750 ribu dan juara 3 Rp 500 ribu.

Juara Harapan 1, 2 dan 3 masing-masing Rp 300 ribu.

Norzam menerangkan, alasan pelaksanaan lomba Jong di Teluk Makmur karena, pihaknya pernah melihat masyarakat Melayu Teluk Makmur berlatih Jong.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved