Breaking News:

Vladimir Putin Berikan Kewarganegaraan Rusia kepada Mantan Kontraktor AS, Edward Snowden

Amerika Serikat gigit jari, orang yang paling mereka cari-cari, Edward Snowden kini mendapat kewarganegaraan Rusia.

Penulis: Firmauli Sihaloho | Editor: Ilham Yafiz
AFP
Vladimir Putin Berikan Kewarganegaraan Rusia kepada Mantan Kontraktor AS, Edward Snowden 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Amerika Serikat gigit jari, orang yang paling mereka cari-cari, Edward Snowden kini mendapat kewarganegaraan Rusia.

Edward Snowden merupakan mantan kontraktor keamanan Amerika Serikat.

Diberitakan Aljazeera, Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada Edward Snowden

Snowden adalah salah satu dari 75 warga negara asing yang diberikan kewarganegaraan Rusia oleh dekrit yang diterbitkan di situs web resmi pemerintah pada hari Senin.

Pria berusia 39 tahun, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS, telah tinggal di Rusia sejak 2013 untuk menghindari penuntutan di Amerika Serikat.

Ia membocorkan dokumen rahasia yang merinci program pengawasan pemerintah Amerika Serikat.

Dokumen tersebut mengungkapkan operasi pengawasan domestik dan internasional yang dilakukan oleh Badan Keamanan Nasional.

Dia diberikan izin tinggal permanen pada tahun 2020 dan mengatakan pada saat itu bahwa dia berencana untuk mengajukan kewarganegaraan Rusia, tanpa melepaskan kewarganegaraan AS-nya.

Tahun itu, pengadilan banding AS menemukan bahwa program yang diekspos Snowden melanggar hukum dan bahwa para pemimpin intelijen AS yang secara terbuka membelanya tidak mengatakan yang sebenarnya.

“Setelah bertahun-tahun berpisah dari orang tua kami, istri saya dan saya tidak memiliki keinginan untuk berpisah dari anak-anak kami. Setelah dua tahun menunggu dan hampir sepuluh tahun di pengasingan, sedikit stabilitas akan membuat perbedaan bagi keluarga saya. Saya berdoa untuk privasi bagi mereka — dan untuk kita semua, ” cuit Snowden pada hari Senin di akun Twitternya.

Pihak berwenang AS selama bertahun-tahun ingin Snowden dikembalikan ke AS untuk menghadapi pengadilan pidana atas tuduhan spionase.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan pada hari Senin bahwa AS tidak mengetahui adanya perubahan dalam status kewarganegaraan Amerika Edward Snowden.

“Posisi kami tidak berubah. Tuan Snowden harus kembali ke Amerika Serikat di mana dia harus menghadapi keadilan seperti warga negara Amerika lainnya,” katanya.

“Satu-satunya hal yang telah berubah adalah bahwa sebagai akibat dari kewarganegaraan Rusianya, tampaknya sekarang dia mungkin akan menjalani wajib militer untuk berperang dalam perang yang sembrono di Ukraina.”

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved