Breaking News:

Nasib Ilham Aidit Anak DN Aidit, Berumur 6,5 Tahun Saat G30S PKI, Enggan Pakai Nama Aidit

Berikut ini nasib Ilham Aidit yang merupakan anak Diva Nusantara Aidit atau DN Aidit , ia berumur 6,5 tahun saat G30S PKI , enggan pakai nama Aidit

Penulis: pitos punjadi | Editor: Nolpitos Hendri
Moh Habib Asyhad via Intisar
Nasib Ilham Aidit Anak DN Aidit, Berumur 6,5 Tahun Saat G30S PKI, Enggan Pakai Nama Aidit. Foto: Keluarga DN Aidit (Moh Habib Asyhad via Intisari) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Berikut ini nasib Ilham Aidit yang merupakan anak Diva Nusantara Aidit atau DN Aidit , ia berumur 6,5 tahun saat G30S PKI , enggan pakai nama Aidit .

Ilham DN Aidit , anak DN Aidit menceritakan bahwa ketika G30S PKI dirinya baru berusia 6,5 tahun.

Kala itu Ilham Aidit telah melihat tulisan di dinding besar bertuliskan 'Gantung DN Aidit' seakan-akan sudah tahu jika kehidupannya sebagai anak DN Aidit ke depan akan sulit.

"Entah kenapa seperti ada yang berbisik pada waktu itu, kalau mulai dari hari ini hidup saya akan lebih sulit," kata Ilham Aidit menceritakan pada masa itu di Gedung Nusantara V DPR RI, Jakarta, Jumat (1/10/2010).

Melihat tulisan yang menyebut nama ayahnya, Ilham Aidit kecil langsung gemetar tubuhnya, dan meyakinkan bahwa dirinya akan menjadi musuh negara.

"Padahal seminggu yang lalu bahkan sebulan sebelumnya saya sempat bertemu dan bermain dengan ayah saya ( DN Aidit )," ungkapnya.

Namun, nasib baik masih berpihak kepadanya, ternyata masih ada orang yang mau mengangkatnya sebagai anak.

Meski demikian, saat ia menempuh pendidikan SMP, banyak teman yang mengejek dirinya pakai kata 'DN Aidit gantung.'

Hal itu membuat dirinya marah dan kerap berkelahi.

Hingga kemudian, ia dipanggil oleh Pastur di sekolahnya.

Pastur itu mengatakan, ia tahu latar belakang Ilham dan cerita masa lalunya.

"Ia mengamati rapor saya setiap catur wulan selalu baik, dan ia menasehati saya banyak hal," imbuhnya.

Setelah itu, ia mengaku berupaya keras untuk mengubur nama DN Aidit yang berada di belakangnya.

Bahkan setiap kali ia akan menulis nama, ia selalu berhenti lama untuk ingin menuliskan nama DN Aidit di belakangnya, tetapi hal tersebut selalu diurungkannya dan selalu berusaha menutup serapat-rapatnya.

"Kalau saat mengisi nama dalam kertas ujian, saya selalu lama menulis nama DN Aidit di belakang nama saya," katanya mengenang saat itu.

Setelah 44 tahun akhirnya pada tahun 2003, ia mulai bisa menuliskan nama lengkapnya Ilham DN Aidit setelah dirinya bergabung dalam Forum Silaturahmi Anak Bangsa.

"Saat itu saya bergandengan dengan Amelia (Anak Jenderal Achmad Yani) dan saat itu Kompas menulis nama saya dengan lengkap. Itulah awal dari kehidupan yang baru," ungkap Ilham DN Aidit. sumber data: Surya.co.id dengan judul Cerita Lengkap DN Aidit Hingga Jadi Pentolan PKI & Orang Paling Diburu TNI, Begini Nasib Keluarganya, dan serambinews.com dengan judul DN Aidit Pentolan PKI Paling Diburu TNI, Begini Nasib Istri dan Anaknya Setelah Peristiwa G30S PKI

( Tribunpekanbaru.com / Pitos Punjadi )

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved