Breaking News:

Harga TBS Sawit Riau

Faktor Eksternal Naiknya Harga TBS Sawit Riau Periode 28 September-4 Oktober 2022

Harga TBS Sawit Riau naik tipis di seluruh kelompok umur (KU) mulai umur 3 tahun sampai 25 tahun.

Editor: Ariestia
Net
Harga TBS Sawit Riau naik tipis di seluruh kelompok umur (KU) mulai umur 3 tahun sampai 25 tahun. FOTO: Kebun kelapa sawit 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harga TBS Sawit Riau naik tipis di seluruh kelompok umur (KU) mulai umur 3 tahun sampai 25 tahun.

Harga TBS sawit Riau untuk kelompok umur 10 tahun sampai 20 tahun pekan ini, harganya Rp 2.532,24 per Kg dan naik Rp 57,09 per Kg dari pekan lalu.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Ir Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi mengatakan naiknya Harga TBS Sawit periode ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Dari faktor eksternal kata Defris lagi, harga komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) naik di sesi perdagangan minggu ini.

Pada Selasa (27/9/2022), minyak sawit berjangka Malaysia berakhir melesat 1,05 persen menjadi 3.737 per ton atau US$ 820,68 per ton dan mengakhiri penurunannya selama tiga hari beruntun.

"Kenaikan harga CPO terjadi disebabkan oleh lonjakan ekspor di tengah permintaan yang naik dari India menjelang hari raya besar,” terang Defris.

“ India yang merupakan importir utama CPO dunia, kembali meningkatkan permintaan akan CPO Indonesia," imbuh Defris.

India meningkatkan permintaannya untuk bersiap menghadapi festival Diwali bulan depan.

India secara agresif membeli minyak sawit dari Indonesia karena harga menarik dan permintaan festival semakin dekat.

Menurut The Solvent Extractors' Association of India (SEA) bahwa total permintaan India tersebut meningkat tiga kali lipat dari Indonesia, jika dibandingkan dengan periode empat bulan sebelumnya.

Selain itu, ringgit Malaysia yang terkoreksi terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kian membuat harga CPO lebih murah untuk pembeli yang menggunakan mata uang asing.

( Tribunpekanbaru.com / Rino Syahril )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved