Breaking News:

Kadis PU dan DPRD Pekanbaru Apresiasi Pengaspalan Jalan Rusak Dampak IPAL

Sejumlah jalan di Kota Pekanbaru yang mengalami kerusakan akibat bocornya pipa air PDAM Tirta Siak dilakukan perbaikan.

Editor: M Iqbal
istimewa
Pengaspalan jalan rusak di Jalan Rajawali, Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah jalan di Kota Pekanbaru yang mengalami kerusakan akibat bocornya pipa air PDAM Tirta Siak dilakukan perbaikan.

Perbaikan tersebut dilakukan oleh Kontraktor Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sejak minggu lalu.

Adapun lokasinya yakni di Jalan Rajawali, Jalan Dahlia, Jalan Melati, Jalan Kenanga dan lokasi lain di Kota Pekanbaru.

Perbaikan jalan dilakukan dalam bentuk tambal sulam aspal jalan yang rusak akibat kebocoran air pipa (rekondisi jalan).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru dan Nurul Ikhsan, Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru pun sangat mengapresiasi apa yang dikerjakan kontraktor sebagai bentuk komitmen untuk melakukan perbaikan terkait apa yang menjadi keluhan masyarakat saat ini.

Perbaikan jalan rusak di Jalan Melur, Pekanbaru.
Perbaikan jalan rusak di Jalan Melur, Pekanbaru. (istimewa)

Petugas kontraktor IPAL, PT Hutama Karya - Rosa Lisca, KSO, Angga mengungkapkan, perbaikan jalan rusak telah mulai dilakukan. Ada beberapa titik perbaikan jalan yang dilakukan kontraktor IPAL di beberapa jalan tersebut.

"Pengerjaan rekondisi jalan telah dimulai dari Jalan Rajawali dekat makam," ujar Angga, akhir pekan kemarin.

Dikatakannya, perbaikan ini akan berlanjut pada titik yang sudah ditandai. Karena perbaikan ini tidak hanya dilakukan terhadap jalan yang rusak akibat pipa PDAM bocor, melainkan juga karena masih dalam masa perawatan.

Menurutnya, perbaikan jalan atau tambal sulam di Jalan Rajawali ini dilakukan secepat mungkin. Ia menilai, jika dilakukan setiap hari, dapat diperkirakan wantu 4 hari selesai. "Kalau dikerjakan terus tiap hari, selesai empat hari," ucapnya.

Sementara itu, M Nasir, salah seorang warga yang tinggal di Jalan Rajawali, menyambut itikad baik perusahaan terkait untuk memperbaiki kembali Jalan Rajawali. "Ini bagus, sudah mau perbaiki kembali," ujar Nasir.

Ia juga mengatakan, perbaikan ini baru mulai dilakukan hari ini oleh kontraktor. Ia berharap, pengerjaan yang dilakukan dapat segera selesai sehingga Jalan Rajawali kembali bagus. "Semoga saja tidak cepat rusak lagi," harapnya.

Kendati pemadatan telah dilakukan pihak kontraktor dengan menggunakan alat berat, warga tetap berharap jangan sampai rekondisi jalan yang dilakukan mengalami kerusakan lagi dalam waktu dekat karena hujan selalu menjadi salah satu faktor yang menentukan.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru menyebut, jalan yang sudah diperbaiki oleh kontraktor Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sudah mencapai 80 persen.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, perbaikan jalan itu sudah menjadi tanggung jawab dari IPAL sendiri. Menurutnya, itu sudah menjadi kesepakatan dengan IPAL sebelum dilakukan pengerjaan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved