Breaking News:

Berita Riau

Barangnya Tak Ada, Gubernur Riau Pengadaan Mobil Listrik Dianggarkan Tahun Depan

Gubri Syamsuar belum bisa memastikan apakah tahun depan pengadaan mobil listrik untuk kendaraan dinas di lingkungan Pemprov Riau bisa terealisasi

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/SYAIFUL MISGIO
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pengadaan mobil listrik dipersiapkan anggaran tahun 2023, namun belum ada kepastian, apakah Pemprov Riau akan mendapatkan mobil listrik tersebut tahun depan. 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar belum bisa memastikan apakah tahun depan pengadaan mobil listrik untuk kendaraan dinas di lingkungan Pemprov Riau benar-benar bisa terealisasi.

Pasalnya menurut Gubri untuk pembelian mobil listrik saat ini tidak bisa disamakan dengan membeli mobil berbahan bakar minyak.

Syamsuar mengungkapkan hal ini dikarenakan antrean panjang dalam pemesanan mobil listrik tersebut.

Meskipun sangat ingin segera mengikuti arahan dan instruksi Presiden Jokowi tersebut, pihaknya mengaku akan tetap sabar menunggu.

"Belum lagi, karena mobil listrik ini belum ada. Kita mau beli tapi barangnya tak ada," kata Syamsuar, Minggu (16/10/2022).

Gubri mengungkapkan, dipersiapkan anggaran di APBD murni tahun 2023 mendatang, namun belum ada kepastian, apakah Pemprov Riau akan mendapatkan mobil listrik tersebut tahun depan.

Ia mengatakan, jika mobil listrik tersedia, pastinya Pemprov Riau akan membelinya.

"Kalau ada kita beli," kata Syamsuar singkat.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Haryanto mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengalokasikan pembelian mobil listrik di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2023.

Pembelian mobil listrik tersebut menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Inpres itu berisi tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

"Mobil listrik tahun 2023 kita akan mengadakan. Karena itu instruksi Pak Presiden," katanya.

SF Hariyanto mengatakan, pengadaan mobil listrik tersebut akan dibahas dalam pembahasan APBD Riau tahun 2023.

Namun untuk unit mobil listrik yang akan dibeli belum dipastikan, karena akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemprov Riau.

"Untuk pengadaan mobil listrik secara bertahap, kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan pemerintah daerah," katanya.

Pengadaan mobil listrik tersebut, tambah SF Hariyanto, setelah pihaknya mendapat kepastian bahwa jika Pemprov Riau berkesempatan mendapat daftar antrean mobil listrik.

"Karena untuk pembelian mobil listrik ini inden. Makanya harus kita pastikan bisa dapat tidak tidak, jangan setelah dianggarkan barangnya tidak ada," ujarnya.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgio )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved