Breaking News:

Pesawat Mata-mata Inggris Dikejutkan Oleh Tembakan Rudal SU-27 Rusia di Laut Hitam

Pesawat Mata-mata Inggris dikejutkan oleh tembakan rudal dari Jet Tempur SU-27 Rusia saat melintas Laut Hitam

Penulis: Guruh Budi Wibowo | Editor: Ilham Yafiz
Youtube
Ilustrasi. Jet tempur SU-27 Rusia kagetkan pesawat Mata-mata Inggir yang melintas di Laut Hitam. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pesawat Mata-mata Inggris dikejutkan oleh tembakan rudal dari Jet Tempur SU-27 Rusia saat melintas Laut Hitam

Pesawat pengintai Boeing RC-135 Inggris melintas di atas perairan internasional di Laut Hitam. 

Diberitakan Rusia Today, Menteri Pertahanan Ben Wallace mengungkapkan hal itu kepada Parlemen Inggris pada hari Kamis.

Menurut Wallace, insiden itu tidak disengaja dan Moskow menyalahkannya pada kerusakan teknis. Dia menambahkan bahwa London telah menerima penjelasan ini.

Bentrokan antara pesawat mata-mata dan jet tempur itu terjadi pada 29 September. Setelah insiden itu, London untuk sementara menangguhkan patroli dan menyatakan keprihatinannya kepada Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu, kata Wallace. 

“Sebuah balasan dari Menteri Pertahanan Rusia pada 10 Oktober, menyatakan bahwa mereka telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut dan menyatakan bahwa itu adalah kerusakan teknis dari pesawat tempur Su-27,” ungkapnya, menambahkan bahwa Moskow “ mengakui bahwa insiden itu terjadi di wilayah udara internasional.”

Pesawat mata-mata Inggris sekarang terbang dengan pengawalan jet tempur untuk memberi mereka keamanan yang lebih baik, kata menteri.

Sejauh ini, Rusia tetap bungkam atas dugaan pertikaian tersebut dan belum mengeluarkan pernyataan publik tentang insiden tersebut.

Pada tahun 2021, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, jumlah penerbangan pengintaian yang dilakukan oleh NATO di Wilayah Laut Hitam meningkat lebih dari 60 persen dibandingkan tahun 2020.

Pertemuan terakhir yang melibatkan pesawat Inggris terjadi Agustus lalu ketika pencegat MiG-31BM mengejar pesawat pengintai RC-135 dari wilayah udara Rusia di atas Laut Barents dekat kota Murmansk.

( Tribunpekanbaru.com

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved