Breaking News:

Andalkan Gojek sebagai Penghasilan Tetap, Riyan Bangga Kini bisa Bantu Orangtua

Alhamdulillah saya sangat bersyukur adanya Gojek. Ini memang menjadi solusi bagi kehidupan saya saat ini. Semoga Gojek semakin berjaya kedepannya

Penulis: Alex | Editor: Budi Rahmat
tribun/Alex
Foto salah seorang driver Gojek, Nofrian Rahmad bersama ibunda, di rumahnya, Jalan Pepaya Sukajadi, Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pagi belum terlalu terang, seorang pemuda di Jalan Pepaya, Sukajadi, Pekanbaru mengeluarkan sepeda motor matic miliknya, untuk memulai bekerja, sebagai seorang mitra driver di platform Gojek.

Pria 27 tahun itu bernama Nofrian Rahmad. Ia masih bujang dan giat bekerja, tidak mau bermalas-malasan, ia langsung memanfaatkan waktu habis subuh untuk mulai mencari orderan .

Tampilannya sudah bersih dan wangi, ia tampak sudah siap memulai aktivitas. Tidak lupa menyiapkan kelengkapan untuk menjaga protokol kesehatan, mulai dari masker, handsanitizer dan perlengkapan lainnya.

"Saya sangat menikmati pekerjaan ini. Kalau mulai jelang pagi ini rasanya lebih segar dan semangat. Bagi saya menjadi hal yang menyenangkan bisa menjemput dan mengantar orang-orang untuk berbagai keperluan. Alhamdulillah, hasilnya sangat lumayan," kata Nofrian saat berbincang dengan Tribun, Senin (24/10/2022).

Walau masih bujangan, namun pria yang akrab dengan nama Riyan ini juga memiliki tanggung jawab untuk membantu kedua orangtuanya. Apalagi sebagai anak yang tinggal bersama orangtua, ia juga memiliki tanggung jawab untuk membeli beras, token listrik, dan berbagai kebutuhan dapur lainnya.

Diceritakan Riyan, sebelumnya ia sempat bekerja dibeberapa perusahaan swasta dibagian marketing. Namun bukannya bisa membantu meringankan beban orangtua, ia justru merasa menambah beban, sehingga terpaksa harus berhutang dengan beberapa temannya untuk sejumlah keperluan.

"Saya bergabung dengan Gojek sejak akhir November 2021 lalu. Ketika itu saya berada pada titik nol, tanpa ada modal uang. Saya hanya punya motor saja. Belum lagi hutang yang lumayan, jutaan rupiah. Saat mendaftar Gojek, Alhamdulillah saya diterima, bahkan besoknya bisa langsung ambil orderan. Mulai hari itu, saya langsung bisa membantu orangtua saya dan adik-adik," terang Riyan.

Jika dihitung pendapatan bersihnya ketika itu dikatakan Riyan ada sekitar Rp 5 hingga Rp 6 juta. Sehingga ia bisa membantu kebutuhan di rumah, serta membantu kebutuhan orangtuanya. Hutang-hutangnya pun lunas hanya dalam waktu 1 bulan itu.

" Gojek sangat membantu perekonomian keluarga saya. Saat saya kebingungan untuk mendapatkan penghasilan, Gojek memberikan solusi. Bahkan saat ini saya juga sudah bisa menabung untuk rencana pernikahan saya tahun depan," ucapnya.

Dikatakan Riyan, awal bergabung dengan Gojek, ia tergolong awam dan banyak belum mengerti dalam mensiasati orderan. Namun sebagai orang baru, ternyata Gojek dikatakan Riyan sangat mengerti dan memberikan banyak kemudahan dalam mengambil orderan.

"Saya awalnya ragu, apakah saya bisa atau tidak. Tapi rupanya saya diarahkan oleh Gojek dan diberikan orderan, tanpa harus berebut. Karena sistemnya memilih bukan yang terdekat. Kita diajarkan untuk menerima orderan oleh Gojek melalui aplikasi. Awalnya saya dikasih Gofood. Ketika kita dinilai mampu, maka kemudian dikasih Goride, Gosend, dan dirolling terus kemudian. Alhamdulillah sangat lumayan. Bahkan gaji saya bisa lebih besar dibandingkan dengan gaji kawan-kawan yang bekerja di kantoran, ini sungguh sangat membantu sekali," paparnya.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Riyan mendengar dari kawan-kawannya kalau pelanggan Gojek baik-baik orangnya. Hal itu rupanya juga dibuktikan oleh Riyan. Berkali-kali ia mendapatkan tip yang lumayan banyak.

"Saya sudah berkali-kali mendapatkan tip Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu dari pelanggan. Baik secara langsung mau pun melalui aplikasi. Kemudian dibawah Rp 50 ribu juga sering. Apalagi kalau pelanggan order makanan atau minuman, itu biasanya kembalian uang dikasih ke kita," imbuhnya.

Ketika ada tip melalui aplikasi, dikatakan Riyan Gojek akan menilai itu menjadi pemasukan driver 100 persen. Kemudian ketika penghasilan naik, maka selanjutnya kedepan penghasilan tersebut akan terus ditetapkan sebagai rata-rata penghasilan driver sehari, sehingga pendapatan pun semakin bertambah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved