Breaking News:

Universitas Abdurrab Wisuda 640 Mahasiswa, Lulusan Sudah Berperan Aktif di Masyarakat

Sarjana tersebut terdiri dari program Diploma III (DIII), strata satu (S1) dan profesi dokter

Editor: Budi Rahmat
Tribun/ist
Foto Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd, Ketua Yayasan Abdurrab dr Irvan Tabrani MKes foto bersama dengan Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endriani SSi MSc PhD, para Wakil Rektor, Ketua STEI Iqra Annisa Dr Budi Trianto SE MSi, Dekan dan Ketua Prodi usai wisuda, Rabu (2/11/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Sebanyak 640 sarjana Universitas Abdurrab (Univrab) mengikuti kegiatan wisuda, yang dilaksanakan di di Gedung Susiana Tabrani Convention Hall (STCH), Jalan Bakti Pekanbaru, Rabu (2/11/2022).

Sarjana tersebut terdiri dari program Diploma III (DIII), strata satu (S1) dan profesi dokter. Tampak hadir dalam kegiatan itu, Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd, Ketua Yayasan Abdurrab dr Irvan Tabrani MKes, Rektor Univrab Prof Susi Endriani SSi MSc PhD, para Wakil Rektor, Ketua STEI Iqra Annisa Dr Budi Trianto SE MSi, Dekan dan Ketua Prodi di lingkungan Univrab serta tamu undangan.

Adapun para lulusan berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Teknik, STIE Iqra Annisa dengan rincian D3 Analis Farmasi dan Makanan, D3 Analis Kesehatan, D3 Fisioterapi, D3 Kebidanan, D3 Keperawan, S1 Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Psikologi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Sipil dan S1 Ekonomi Islam.

Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini SSi MSc PhD mengatakan, pencapaian yang telah diraih Universitas Abdurrab. Diantaranya akreditasi institusi dari C menjadi Baik Sekali tahun 2020-2025, Fakultas Kedokteran telah berhasil mendapatkan akreditasi B serta semua prodi sudah terakreditasi B kecuali program studi yang baru dibuka yaitu S1 Farmasi dan S1 Kebidanan.

"Tahun 2021 ini peringakatan yang dilakukan didalam Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) univrab berhasil menduduki rangking ke-90 Nasional dari 3300 PTN dan PTS seluruh Indonesia," ujarnya.

Dikatakannya, posisi Universitas Abdurrab telah menjadi Universitas Abdurrab ke-2 terbaik di Provinsi Riau, ke-4 terbaik di wilayah Sumbar, Riau Jambi, Kepri. Sedangkan untuk pembelajaran daring Universitas Abdurrab menduduki peringkat ke-1 di Provinsi Riau dari PTN dan PTS.

"Kami berharap Universitas Abdurrab bisa kedepannya menjadi kampus unggul dan profesional berlandaskan Nilai-nilai robbani, amanah dan beradab," ulasnya.

Dia menambahkan, kepercayaan terhadap Universitas Abdurrab semakin tahun semakin tinggi. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya mahasiswa baru yang tahun ini saja, tercatat ada 820 mahasiswa baru yang diterima di Universitas Abdurrab. Kami akan terus berusaha meningkatkan jumlah mahasiswa, memperkecil jumlah mahasiswa drop out dan memperbanyak lulusan tetap waktu.

Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd menyampaikan secara ringkas sejarah berdirinya universitas Abdurrab sejak tahun 1994. Berawal dari keprihatinan ayahandanya Prof Tabrani Rab tentang kondisi pendidikan dan kesehatan di Propinsi Riau. Maka Prof Tabrani mendirikan lembaga pendidikan dengan diawali dari pendirian Sekolah Menengah Analis Kesehatan. Dalam perjalanannya Prof Tabrani mengembangkan institusi ini menjadi Universitas Abdurab di tahun 2005 dan tahun 2008 berdirilah Fakultas Kedokteran.

"Semangat dan kepedulian Prof Tabrani terhadap kemajuan pendidikan anak-anak di daerah semoga menjadi inspirasi bagi para wisudawan dalam menuntut ilmu," ujar Susiana Tabrani.

Saat ini sudah belasan ribu alumni yang berperan aktif di tengah masyarakat. Bukan saja di Riau, namun juga tersebar hingga daerah lainnya.

Susiana Tabrani mengungkapkan saat ini Universitas Abdurrab akan fokus untuk pembangunan Kampus 3 di Rimbo Panjang, Kampar. Tahun depan direncanakan akan mulai dibangun RS Pendidikan, disusul laboratorium riset, asrama dan perumahan dokter spesialis.

"Peletakan batu pertama sudah dilakukan, tahun 2023 akan mulai dibangun. Ini semua komitmen Yayasan Abdurrab agar Riau lebih maju dan berkontribusi untuk Indonesia," tuturnya. (*)

( Tribunpekanbaru.com )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved