Breaking News:

Berita Riau

Harbaini Sujud Syukur Depan Lapas Bagansapiapi, Tindak Pidananya Selesai Secara Restoratif Justice.

Harbani sujud syukur di depan Lapas Bagansapiapi setelah kasus tindak pidana yang dilakukannya selesai secara restoratif justice.

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Ariestia
Istimewa
Harbani sujud syukur di depan Lapas Bagansapiapi setelah kasus tindak pidana yang dilakukannya selesai secara restoratif justice. FOTO: Jaksa Kejari Rohil melepaskan rompi yang dikenakan Harbaini disaksikan Kajari Rohil Yuliarni Appy SH, MH, berserta jajaran Kejari Rohil secara langsung menjemput Harbaini disaksikan oleh Kepala Lapas Bagansiapiapi Wachid. 

 TRIBUNPEKANBARU.COM, BAGANSIAPIAPI – Harbani sujud syukur di depan Lapas Bagansapiapi setelah kasus tindak pidana yang dilakukannya selesai secara restoratif justice.

Ia akhirnya bisa bernafas lega dan menghirup udara bebas setelah perkara tindak pidana pencurian yang dilakukannya di selesaikan berdasarkan keadilan atau restoratif justice.

Harbani yang dijemput oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) langsung melakukan sujud syukur setelah keluar dari pintu masuk Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Bagansiapiapi.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum melalui Direktur Oharda pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Agnes Triani, SH, MH menyetujui pengajuan permohonan Penyelesaian Perkara berdasarkan keadilan atau restoratif justice Harbani.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rohil Yuliarni Appy SH, MH, berserta jajaran Kejari Rohil secara langsung menjemput Harbaini disaksikan oleh Kepala Lapas Bagansiapiapi Wachid.

Kejari Rohil sebelumnya telah melaksanakan ekspose penyelesaian perkara berdasarkan keadilan restoratif atas nama Harbaini secara virtual di ruang video conference Kantor Kejari Rohil, Kamis, (03/11/2022) sekitar pukul 08.30 WIB.

Ekspose dilaksanakan dalam rangka pengajuan permohonan penyelesaian perkara berdasarkan keadilan restoratif dari Kajari Rohil kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Riau untuk mendapatkan persetujuan dari Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum.

Dalam ekspose tersebut, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH,MH menjadi pemapar dihadapan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Supardi, SH, MH, Wakil Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abas, SH, MH dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum yang diwakili oleh Direktur Tindak Pidana Orang dan Harta Benda Agnes Triani, SH, MH.

Ekspose juga dihadiri penuntut Umum Irvan Rahmadani Prayogo dan Aldo Taufiq Pratama yang sekaligus fasilitator dalam proses pelaksanaan penyelesaian perkara berdasarkan keadilan restoratif tersebut, Kasi Pidum Dicky Saputra, SH serta jajaran Kejari Rohil.

Dalam ekspose tersebut di paparkan jika pengajuan permohonan penyelesaian perkara berdasarkan keadilan restoratif tersebut didasari karena terpenuhinya syarat-syarat sebagaimana dalam Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2020 dan Surat Edaran JAM-pidum Nomor : 01/E/EJP/02/2022 tanggal 10 Februari 2022, tentang Pelaksanaan penuntutan berdasarkan keadilan restoratif, penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif dilakukan atau diberikan.

“Telah dilaksanakan proses perdamaian dimana tersangka telah meminta maaf dan korban sudah memberikan permohonan maaf, tersangka belum pernah dihukum dan baru pertama kali melakukan perbuatan pidana. Ancaman pidana denda atau penjara tidak lebih dari lima tahun,” papar Kajari Rohil.

Jampidum diwakili Direktur Tindak Pidana Orang dan Harta Benda Agnes Triani, SH, MH dalam ekspose tersebut juga mengapresiasi setinggi – tingginya kepada Kajari Rohil dan jajarannya yang telah berupaya menjadi fasilitator mendamaikan dan menyelesaikan perkara tersebut.

“Sehingga terwujudnya keadilan restoratif justice dan ini yang ketiga kalinya penerapan Restoratif Justice oleh Kejari Rohil,” ujar Agnes.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Intelijen Kejari Rohil Yogi Hendra, SH, MH menjelaskan, Kajari Rohil Yuliarni Appy, Kasi Pidum Dicky Saputra, SH, serta Jaksa Penuntut Umum yang menangani perkara tergugah untuk mendamaikan, menenangkan dan menetralisir situasi antara tersangka dan korban.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved