Breaking News:

Gerhana Bulan

Durasi Gerhana Bulan di Pekanbaru Riau Hampir 1,5 Jam, Simak Berikut Panduan Sholat Khusuf

Inilah informasi lebih lanjut tentang gerhana bula di Pekanbaru Provinsi Riau serta panduan sholat khusuf gerhana bulan.

Penulis: Ilham Yafiz | Editor: Hendri Gusmulyadi
TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Ilustrasi gerhana bulan di Pekanbaru Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Simak berikut ini info gerhana bulan di Pekanbaru dan Riau secara umur, serta panduan sholat khusuf gerhana bulan.

Fenomena Gerhana bulan termasuk yang paling dinanti oleh banyak masyarakat, tak terkecuali gerhana bulan di Pekanbaru.

Gerhana bulan di Pekanbaru Riau terjadi pada Malam ini Selasa  (8/11/2022).

Gerhana bulan di Pekanbaru diprediksi terjadi cukup lama dengan durasi sektar 1 jam lebih 24 menit.

Untuk durasi umbral (sebagian dan total) selama 3 jam, 39 menit, dan 50 detik.

Berikut ini info lebih lenjut soal gerhana bulan di Riau dan juga panduan sholat khusuf dalam rangka gerhana bulan.

Puncak Gerhana Bulan di Riau bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.00 WIB dan akan berakhir pada pukul 20.56 WIB.

Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat GBT pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB.

Terkait fenomena Gerhana Bulan di Pekanbaru tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Mahyudin mengatakan, jika pihaknya telah mengirim surat imbauan ke Kemenag kabupaten kota untuk melaksanakan salat Gerhana Bulan.

"Kita sudah kirim surat edaran agar Kemenag kabupaten kota melaksanakan Salat Gerhana Bulan atau khusuful qamar pada sore hari nanti. Itu sifatnya imbauan ajakan, karena arahan dari pusat juga seperti itu," kata Mahyudin, Selasa (8/11/2022).

Selain itu, Mahyudin juga mengajak masyarakat kabupaten/kota se- Riau juga untuk melaksanakan salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf baik di rumah maupun di masjid dan mushalla.

"Kita imbau pengurus masjid dan mushalla serta masyarakat yang beragama Islam untuk melaksanakan salat Gerhana Bulan. Semakin banyak masyarakat yang melaksanakan salat semakin bagus," ujarnya.

Mahyudin mengatakan, untuk pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing.

"Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa," sebutnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved