Breaking News:

Jokowi Bahas Produksi Senjata dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron

Presiden RI yakni Presiden Jokowi membahas tentang produksi senjata militer dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron

Penulis: pitos punjadi | Editor: Nolpitos Hendri
Tobias SCHWARZ / POOL / AFP
Jokowi Bahas Produksi Senjata dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Presiden RI yakni Presiden Jokowi membahas tentang produksi senjata militer dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron .

Presiden Jokowi berharap kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron ada kerjasama dalam bidang produksi senjata militer antara Indonesia dan Prancis.

Selain membahas tentang produksi senjata, Presiden Jokowi juga membahas kerja sama transisi energi dengan Presiden Prancis , Emmanuel Macron .

Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia terus berupaya untuk memperkuat transisi energi baru dan terbarukan.

Dilansir dari presidenri.go.id, Emmanuel Macron sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Indonesia dan menyatakan kesiapan untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

Pada kesempatan itu, kedua pemimpin juga membahas kerja sama pertahanan dan kedirgantaraan. 

Presiden berharap kerja sama pertahanan kedua negara tidak terbatas pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) semata, tapi perlu mencakup produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

“Saya harapkan berbagai proyek pertahanan ini dapat segera kita tindak lanjuti.

Saya sambut baik rencana dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kita untuk membahas isu-isu strategis di kawasan,” ucapnya.

Mengingat hubungan kedua negara semakin kuat, kedua Presiden sepakat untuk membentuk Forum Konsultasi yang secara rutin akan membahas kerjasama di berbagai bidang prioritas. 

Kedua Menteri Luar Negeri akan menindaklanjuti kesepakatan ini.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Adapun pertemuan kedua pemimpin negara itu dilakukan di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali tahun 2022.

Keduanya bertemu di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, pada Selasa, 15 November 2022.

“Presiden Macron, selamat datang di Bali. Terima kasih untuk kehadiran Yang Mulia pada KTT G20 ini serta dukungan Prancis sepanjang Presidensi Indonesia.” ucap Jokowi. sumber data:Tribungorontalo.com

NB: Baca juga berita Tribunpekanbaru.com di Google News dan Helo

( Tribunpekanbaru.com / Pitos Punjadi )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved