Breaking News:

PM India Rishi Sunak Sebut China Ancaman Terbesar Inggris dan Keamanan Dunia

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak terang-terangan menunjukan sikap yang bermusuhan ke China dengan menyebut Tiongkok sebagai ancaman

Capture Twitter/Telegraf
PM India Rishi Sunak Sebut China Ancaman Terbesar Inggris dan Keamanan Dunia 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak terang-terangan menunjukan sikap yang bermusuhan ke China dengan menyebut Tiongkok sebagai ancaman terbesar" bagi Inggris serta keamanan dan kemakmuran dunia.

Rishi Sunak yang berdarah India itu mengatakan akan bersikap tegas terhadap China.

Rishi Sunak mengatakan bahwa Inggris telah meninggalkan "era keemasan" hubungannya dengan China.

"Pertumbuhan otoritarianisme China merupakan "tantangan sistemik terhadap nilai dan kepentingan kita." katanya saat berpidato di acara tahunan Lord Mayor's Banquet di London, Senin (28/11/2022) kemarin.

Sunak mengatakan Inggris akan meningkatkan hubungannya dengan sekutu global yang berpikiran sama, seperti AS, Kanada, Australia dan Jepang untuk menghadapi China.

"Kami menyadari China menimbulkan tantangan sistemik terhadap nilai dan kepentingan kami, tantangan yang semakin akut saat bergerak menuju otoritarianisme yang lebih besar," katanya.

Sunak pun menyindir China yang dinilai otoriter terhadap rakyatnya dengan menangkap sejumlah peserta protes pembatasan pandemi Covid dan menyerang jurnalis BBC.

Pada saat itu, dia berjanji untuk menutup semua Institut Konfusius, organisasi yang sebagian didanai pemerintah China yang mempromosikan budaya dan bahasa China di universitas-universitas Inggris

Dia juga mengatakan akan memimpin aliansi internasional melawan ancaman dunia maya China, dan membantu perusahaan dan universitas Inggris melawan mata-mata China.

( TRIBUN PEKANBARU.COM )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved