Breaking News:

Berita Pelalawan

Besok KPU Pelalawan Umumkan Hasil Seleksi Administrasi, Sebanyak 354 Warga Daftar Calon PPK

Pendaftaran badan ad hoc calon anggota PPK di 12 kecamatan telah berakhir pada 29 November lalu setelah diumumkan KPU Pelalawan.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Dok KPU Pelalawan
Komisioner KPU Pelalawan menggelar rapat rutin beberapa waktu lalu di kantornya di komplek Bhakti Praja Pangkalan Kerinci. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Pendaftaran badan ad hoc calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 12 kecamatan telah berakhir pada 29 November lalu, setelah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan.

Pelamar anggota PPK mendaftar melalui aplikasi SIAKBA atau Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc dengan memasukan semua berkas persyaratan yang diminta.

Calon anggota PPK akan bertugas untuk mempersiapkan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Setelah perekrutan ditutup, KPU Pelalawan menerima ratusan dokumen dari pelamar yang berminat sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan.

"Sampai batas akhir pendaftaran, pelamar mencapai 354 orang dari 12 kecamatan. Itu data yang masuk dalam aplikasi SIAKBA," tutur Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (1/12/2022).

Wan Kardiwandi menerangkan, pihaknya saat ini sedang melakukan seleksi administrasi para calon anggota PPK. Berkas yang diupload setiap pelamar diperiksa kelengkapannya.

Termasuk juga mengecek keabsahan dari dokumen yang diberikan. Bagi yang memenuhi syarat akan diloloskan dalam tahap adminstrasi ini.

Sedangkan yang tidak memenuhi syarat akan otomatis gugur dan tidak berhak ikut ke tahap selanjutnya.

"Hasil seleksi administrasi diumumkan 2 Desember. Peserta yang lulus akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya," tutur Wan Kardiwandi.

Ada beberapa tahap selaki yang akan dilalui hingga dinyatakan lulus sebagai anggota PPK. Mulai dari ujian sistem Computer Asisted Test (CAT) hingga test wawancara yang telah diagendakan sesuai waktu dan tempatnya.

Adapun jumlah badan Ad Hoc yang akan yang diterima untuk anggota PPK dibutuhkan 5 orang per kecamatan dan jika dikalikan dengan 12 kecamatan mencapai 60 orang. Masa seleksi PPK akan berlangsung sampai Bulan Januari 2023 mendatang dan para pelamar yang lulus akan langsung dilantik oleh KPU. (Tribunpekanbaru.com/ Johannes Wowor Tanjung).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved