Breaking News:

Laksamana Yudo Margono Disetujui Jadi Panglima TNI Gantikan Jenderal TNI Andika Perkasa

DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna pengesahan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI yang disetujui DPR pada Selasa (6/12/2022).

Editor: Sesri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Laksamana Yudo Margono menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (2/12/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Seperti diketahui Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun.

Laksamana Yudo Margono dinyatakan lulus uji kepatutan dan kelayakan alias fit and proper test sebagai calon panglima TNI.

"Memberikan persetejuan terhadap pengangakatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," ucap Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid., dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube DPR RI,

Sementara itu, Meutya menyampaikan apresiasi atas dedikasi Jenderal Andika Perkasa selama menjadi Panglima TNI.

Komisi I DPR RI pun telah menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa.

Proses selanjutnya, DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna pengesahan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI yang disetujui DPR pada Selasa (6/12/2022).

Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono, mengatakan Rapat Paripurna itu akan digelar setelah Komisi I menyerahkan hasil fit and proper test Yudo Margono ke pimpinan DPR.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Bakal Diberhentikan Dengan Hormat Sebagai Panglima TNI

Baca juga: Presiden Joko Widodo Sudah Kantongi Nama Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

"(Hasil fit and proper test) langsung diserahkan hari ini dan mungkin Paripurna Selasa depan," kata Dave setelah melakukan verifikasi faktual di kediaman Yudo, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam (2/12/2022) malam, dilansir Kompas.com.

Setelah Rapat Paripurna, lanjut Dave, pimpinan DPR akan mengirimkan keputusannya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilakukan pelantikan.

"Dari pimpinan DPR langsung dikirim ke Istana untuk langsung dijadwalkan pelantikan, kapan pelantikannya tergantung Presiden," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) calon Panglima TNI di DPR pada Jumat (2/12/2022) kemarin.

Proses uji kelayakan ini, diawali dengan meneliti kelengkapan administrasi calon panglima TNI oleh DPR terlebih dahulu.

Kemudian, penyampaian visi dan misi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved