Breaking News:

100 Pulau Dijual? Kementerian Kelautan dan Perikanan Angkat Bicara

Heboh isu seratus pulau di Indonesia dipromosikan untuk dijual, tepatnya di Halmahera Timur.

Editor: Ilham Yafiz
google map
Ilustrasi. Peta Pulau Halmahera. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Heboh isu seratus pulau di Indonesia dipromosikan untuk dijual, tepatnya di Halmahera Timur.

Isu penjualan pualu disebut-sebut karena alasan adalah untuk konservasi lingkungan.

Pihak yang akan menjual ratusan pulau itu adalah PT Leadership Islands Indonesia (PT LII).

Informasi saja, PT LII merupakan perusahaan yang diketahui memiliki hak untuk mengelola pulau-pulau di Kepulauan Widi yang akan dijual melalui lelang.

Lantas, benarkah 100 pulau di Kepulauan Widi bakal dijual?

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) angkat bicara soal kabar lelang Kepulauan Widi.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Victor Gustaaf menegaskan, Kepulauan Widi adalah milik Indonesia yang dilindungi peraturan perundang-undangan.

"Berdasarkan peraturan perundang-undangan, gugusan Kepulauan Widi tidak boleh dimiliki orang asing dan tidak boleh diperjualbelikan,” tegas Victor dalam keteranganya, Selasa (7/12).

Victor menambahkan, badan hukum asing yang didirikan menurut hukum di Indonesia dan berkedudukan di Indonesia hanya dapat diberikan hak guna usaha (HGU) dan hak guna bangunan (HGB). Hal tersebut juga berlaku bagi PT Leadership Islands Indonesia (LII) yang merupakan pengembang Kepulauan Widi di Maluku Utara.

“Prinsipnya hanya pemanfaatan saja dan itu pun dilaksanakan secara ketat sesuai dengan regulasi yang berlaku. Tidak bisa diperjualbelikan," ujar Victor.

Victor juga menyampaikan, hingga kini PT LII sebagai pemegang izin pengelolaan Kepulauan Widi di Maluku utara belum mengantongi Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL).

PKKPRL merupakan persyaratan yang harus dipenuhi pemanfaat saat akan melakukan kegiatan menetap di ruang laut baik yang ada di kawasan pesisir maupun pulau-pulau kecil.

Tanggapan PT LII

Ramainya pembahasan mengenai penjualan 100 pulau di Kepulauan Widi membuat PT LII angkat bicara untuk menjelaskan duduk permasalahan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved