Breaking News:

Berita Siak

Hadir Rapat JKPI, Bupati Siak Alfedri Tekankan Heritage Bernilai Ekonomis

Bupati Siak Alfedri mengusulkan heritage city yang sedang dikembangkan harus mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri menyampaikan pandangannya saat rapat dengan pengurus JKPI di Kemendikbud RI, Jakarta, Kamis (15/12/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri hadir dalam rapat Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dengan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Hilmar Farid, Kamis (15/12/2022) di ruang rapat gedung Kemendikbud, Jakarta.

Ia mengusulkan heritage city yang sedang dikembangkan harus mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Pengembangan kota pusaka harus dirasakan oleh masyarakat di setiap daerah, sehingga JKPI memberikan impact yang positif untuk masyarakat banyak,” kata Alfedri usai mengikuti rapat itu.

Impact yang dimaksud Alfedri adalah nilai ekonomis yang berkelanjutan untuk masyarakat tempatan di setiap kota Pusaka. Ini berkait berkelindan dengan program pariwisata untuk mempromosikan destinasi berbasis heritage ke berbagai daerah dan manca negara.

“Program kerja JKPI harus ditata lagi dalam rangka sinkronisasi bersama daerah-daerah yang berbeda-beda kebutuhan dan potensinya,” kata dia.

Perbedaan potensi setiap daerah itu terlihat dalam culture heritage cagar budaya, seni, kearifan lokal, serta sejarah baharinya. Hal ini juga sebagai masukan untuk mengajak lintas sektor bisa ikut bersama-sama dan saling berkontribusi.

"Seperti kota Siak asli berbudaya Melayu dengan slogan 'Siak The Truly Malay', dan kami berharap mendapat perhatian melalui program nasional dalam menjaga khasanah budaya Melayu beserta peninggalan sejarahnya agar terjaga dan lestari,” kata Alfedri.

Alfedri juga menyampaikan Kabupaten Siak saat sedang mengikuti proses pengusulan Tengku Buwang Asmara yang bergelae Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarsyah menjadi pahlawan nasional. Proses ini telah melalui rangkaian panjang dengan persiapan yang sudah maksimal. Ia mengharapkan kepala daerah lain yang tergabung JKPI bisa memberikan dukungan.

Walikota Semarang juga melaporkan persiapan agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) JKPI XII tahun mendatang di Kota Semarang. Semarang bertekad akan menjadi tuan rumah yang baik.

“Kami sudah petakan apa kebutuhan dalam helat Rakornas nanti di kota Semarang, tentunya kami berharap kerjasama semua pihak, dan kami pastikan kota Semarang siap menyambut kedatangan peserta delegasi dari daerah-daerah peserta JKPI,” katanya.

Ketua Presidium JKPI yaitu Walikota Palembang Harnojo yang diwakili oleh Sekretaris kota Palembang Ratu Dewa, melaporkan hasil Rakornas yang telah terlaksana di kota Palembang kepada Dirjend Kebudayaan. Ia membahas tentang evaluasi hasil laporan Rakernas XI JKPI di Palembang kemaren, bersama Hevearita Gunaryanti Rahayu Pejabat Walikota Semarang dan Bima Arya Sugiarto Walikota Bogor beserta pengurus JKPI lainnya.

"Laporan ini kami sampaikan tentang daerah-daerah yang tergabung dalam jaringan kota pusaka ini semakin baik dan tersruktur dalam segi pengelolaan dan peningkatan dari sektor Budaya, Aset Cagar Budaya, Kesenian dan Kultur ekonomi masyarakatnya naik bergeliat melaui arus Pariwisata maupun budaya,” kata dia.(tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved