Breaking News:

Berita Pelalawan

Dirikan 4 Pospam Libur Nataru, Polres Pelalawan Gelar Pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2022

Polres Pelalawan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning tahun 2022 di lapangan Mapolres pada Kamis.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Dok Polres Pelalawan
Polres Pelalawan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning tahun 2022 di lapangan Mapolres pada Kamis (22/12/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Polres Pelalawan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning tahun 2022 di lapangan Mapolres pada Kamis (22/12/2022).

Operasi lilin lancang kuning akan berlangsung mulai 23 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023 mendatang. Operasi ini rangka pengamanan hari besar Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

Kegiatan pengamanan ini rutin dilaksanakan oleh kepolisian di masing-masing wilayah hukumnya dan serentak di seluruh Indonesia.

Apel gelar pasukan dipimpin Kapolres Pelalawan AKBP Guntur Muhammad Tariq SIK dan komandan upacara Iptu A Riyanto Tinambunan.

Dihadiri boleh seluruh pejabat utama Polres Pelalawan, perwakilan Pemda, Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), serta organisasi masyarakat.

Seratusan personil gabungan mengikuti apel dari unsur polri, TNI, Dishub, BPBD, Satpol PP, dan lainnya.

"Ini merupakan persiapan jajaran Polres Pelalawan bersama instansi terkait untuk mengamankan rangkaian kegiatan masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru," terang Kapolres Guntur Muhammad Tariq dalam amanatnya, Kamis (22/12/2022).

Guntur menerangkan, selama operasi lilin berlangsung pihaknya mendirikan 4 Pos Pengamanan (Pospam) dan 1 Pos Pelayanan (Posyan).

Diantaranya Pospam Simpang Beringin di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kecamatan Bandar Seikijang, Pospam Jalintim Kilometer 55 Pangkalan Kerinci, Pospam Jalintim Simpang Perak Pangkalan Kerinci, dan Pospam Jalintim Ukui di Kecamatan Ukui. Sedangkan Posyan didirikan di depan pusat perbelanjaan Ramayana Jalintim Kota Pangkalan Kerinci.

"Ada juga personil untuk pengamanan secara ploting. Total seluruhnya mencapai 165 pasukan gabungan dari berbagai instansi yang diturunkan," tutur Guntur.

Pospam dan Posyan ini akan membantu masyarakat untuk menciptakan kondisi aman dan tertib.

Untuk itu personil gabungan diminta menjalankan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan bersikap humanis serta memberikan pelayanan yang prima.

Pasukan yang bertugas juga diingatkan agar jangan underestimate pada setiap situasi dan kondisi yang ada.

Ia berharap, selama operasi lilin ini angka Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) di wilayah hukum Polres Pelalawan dapat diminimalisir selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sebab banyak warga yang melakukan perjalanan mengingat hari libur, termasuk kegiatan mudik atau pulang kampung.

"Kepada jajaran intelijen, diminta tingkatkan deteksi aksi dan deteksi dini terhadap pergerakan aksi teror di wilayah hukum kita," tandas Guntur.

Setelah memberikan amanat, Kapolres Guntur menyematkan tanda dimulainya operasi lilin kepada perwakilan personil.

Kemudian ia bersama PJU Polres Pelalawan serta pejabat Pemda melakukan pengecekan kesiapan pasukan dari setiap instansi. Serta memeriksa sarana dan prasarana seperti kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. ( Tribunpekanbaru.com/ Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved