Breaking News:

Berita Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Keluarkan SE Perayaan Nataru, Ini 5 Poin Penting yang Harus Dilaksanakan Masyarakat

Pemko Pekanbaru menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Pedoman Pelaksanaan Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

Penulis: Alex | Editor: Ariestia
TribunPekanbaru/Theo Rizky
Pemko Pekanbaru menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Pedoman Pelaksanaan Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. FOTO: Gemerlap Kota Pekanbaru saat malam pergantian tahun. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Setelah melaksanakan rapat dan menyepakati perayaan tahun baru dibolehkan, Pemko Pekanbaru selanjutnya menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Pedoman Pelaksanaan Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru tersebut.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru, Syoffaizal mengatakan, terdapat 5 poin penting dalam SE Nomor 25/SE/2022
tertanggal 23 Desember 2022 yang ditandatangani oleh Penjabat (PJ) Walikota Pekanbaru, Muflihun tersebut.

Pada poin pertama, terdapat tentang pelaksanaan ibadah Natal 2022 dan peringatan tahun baru 2023 tetap mempedomani penerapan protokol kesehatan sebagaimana diatur melalui SE Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru Nomor 18 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Poin kedua, pelaku atau penanggungjawab usaha jasa kepariwisataan, pusat perdagangan, mall dan hiburan umum agar memastikan semua pegawai, pengunjung mau pun tamu menerapkan protokol kesehatan serta pendisiplinan pengunaan aplikasi PeduliLindungi dan menjaga norma-norma, etika sosial bermasyarakat serta prinsip kearifan lokal.

Poin ketiga, dalam menghadapi aktivitas kegiatan Natal 2022 dan tahun baru 2023, dihimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru untuk mengurangi aktivitas bepergian keluar kota guna melindungi diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19. Jika harus berpergian keluar kota dan meninggalkan rumah agar memastikan keamanan rumah (mengunci pintu pagar, mematikan lampu dan mencabut kabel listrik perangkat elektronik).

Masyarakat juga dilarang penggunaan petasan dalam Malam Tahun Baru 2023 yang dapat berpotensi terjadinya ledakan, kebakaran, korban manusia maupun barang.

Poin keempat, menciptakan dan mengedepankan sikap toleransi di lingkungan terkecil (RT/RW) serta mengoptimalkan peran aktif siskamling yang ada dilingkungan tempat tinggal, tempat ibadah dan lingkungan sekitar untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif dan mencegah timbulnya gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Sedangkan poin kelima, memanfaatkan panggilan kebencanaan saat terjadi bencana dengan menghubungi nomor layanan panggilan darurat call center 112 atau panggilan darurat kebencanaan BPBD Kota Pekanbaru dengan di nomor 0811-7651-464.

"Kami imbau kepada semua pihak, agar bisa mematuhi aturan yang ditetapkan sehingga tercipta suasana yang kondusif, aman dan nyaman selama pelaksanaan Nataru," ujar Syofaizal. ( Tribunpekanbaru.com/ Alexander)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved