Breaking News:

Berita Pelalawan

Satu Gereja Dijaga 4 Polisi, Perayaan Natal di Pelalawan Berlangsung Aman dan Lancar

Perayaan Natal tahun 2022, Minggu di Kabupaten Pelalawan berlangsung aman. Ibadah Natal yang digelar setiap gereja berjalan lancar tanpa ada kendala.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com/Johannes Tanjung
Perayaan Natal tahun 2022, Minggu (25/12/2022) di Kabupaten Pelalawan berlangsung aman. Ibadah Natal yang digelar setiap gereja berjalan lancar tanpa ada kendala. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Perayaan Natal tahun 2022, Minggu (25/12/2022) di Kabupaten Pelalawan berlangsung aman. Ibadah Natal yang digelar setiap gereja berjalan lancar tanpa ada kendala.

Pantauan tribunpekanbaru.com di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan ribuan umat Kristiani menggelar ibadah atau misa Natal di gereja masing-masing. Mereka mengikuti kebaktian sesuai dengan jadwal yang ditetapkan para pengurus dan pelayan gereja. Hari besar umat Nasrani ini dirayakan penuh khidmat dan sukacita tanpa ada pembatasan dari pemerintah.

Seperti di Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Jemaat Pangkalan Kerinci yang terletak di Jalan Sepakat, dipadati ratusan jemaat mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orangtua.

Ibadah digelar di Gereja HKI Pangkalan Kerinci hanya satu kali, alhasil jemaat membludak hingga penuh sesak. Bahkan areal parkir yang luas dipadati kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Kami tidak mengira jemaat sebanyak ini yang ke gereja. Kami pikir sudah banyak yang pulang ke kampung dan merayakan Natal di sana. Ternyata belum banyak," tutur Pimpinan Jemaat HKI Pangkalan Kerinci, St Juanda Simaremare kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (25/12/2022).

Juanda Simaremare menerangkan, sebenarnya pihaknya telah mengantisipasi membludaknya jemaat saat ibadah perayaan Natal. Pengurus sudah menyiapkan sebanyak 100 kursi tambahan yang diletakan di samping gedung gereja tepat di bawah kanopi. Sehingga umat yang tidak tertampung di dalam gedung bisa duduk di tempat itu. Selain itu, para pemuda gereja di tugaskan mengatur parkir kendaraan dan tempat duduk bagi jemaat agar tempat mencukupi.

Tampak ada empat orang personil Polres Pelalawan yang siaga menjaga keamanan di halam gereja. Polisi memantau setiap jemaat yang datang dan mengatur lalu lintas yang ada di depan gereja.

Kondisi ini semakin membuat para jemaat aman dan nyaman mengikuti perayaan kelahiran Yesus Kristus Sang Juru Selamat. Ada juga anggota organisasi kepemudaan yang ikut menjaga keamanan di lingkungan gereja.

"Ada juga perantau yang pulang ke Pangkalan Kerinci dan ikut beribadah. Makanya jumlah jemaat bertambah dari biasanya," tambah Juanda.

Pemandangan serupa juga tampak di Gereja GPDI yang tidak jauh dari HKI Pangkalan Kerinci. Jemaat berbondong-bondong masuk ke gereja mengikuti ibadah Natal.

Lantaran jumlah umat yang banyak, pengurus gereja membagi jadwal ibadah menjadi beberapa shift. Agar semua jemaat bisa mengikuti kebaktian dengan khusuk dan tidak ada yang duduk di luar. Selain dijaga personil polisi, tampak juga anggota organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) serta organisasi sayap Nahdatul Ulama (NU) yakni Banser dan Ansor yang menjaga keamanan di luar gereja.

Demikian halnya di gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Maduma Pangkalan Kerinci yang terlarang di Jalan Keluarga. Jemaatnya yang mencapai ribuan terpaksa dibagi menjadi tujuh shift ibadah Natal. Gedung gereja dua lantai dipenuhi umat untuk mengikuti perayaan Yesus Kristus yang diimani umat Nasrani.

"Kami dapat bagian ibadah jam 16.00 wib. Pengurusan gereja sudah membaginya sejak Minggu lalu karena jemaat banyak," ungkap seorang jemaat HKBP Esterlina Marbun.

Pengamanan perayaan Natal di gereja-gereja dilakukan secara ketat dan penuh kekuatan oleh Polres Pelalawan serta jajarannya. Sedikitnya empat orang polisi disiagakan di setiap gereja. Ditambah lagi dengan personil yang berkeliling memantau perkembangan situasi di Kota Pangkalan Kerinci. Meski banyak polisi yang berjaga, namun tidak menimbulkan kesan kaku dan ketakutan bagi jemaat. Malah menciptakan rasa aman dan tenang bagi umat Kristiani.

"Penjagaan sesuai kebutuhan dan jumlah jemaat. Ada empat personil ada juga yang lebih. Gereja yang berdekatan tetapi dijaga masing-masing," beber Kasi Humas Polres Pelalawan, AKP Edy Harianto.

Pengamanan di rumah ibadah umat Kristiani telah berlangsung sejak Sabtu (24/12/2022) malam di saat menggelar ibadah Malam Natal. Jumlah personil yang ditugaskan sama, baik yang stand by di gereja maupun yang mobile atau berkeliling. Secara umum perayaan Natal di Pelalawan berlangsung dengan aman dan lancar. ( Tribunpekanbaru.com/ Johannes Wowor Tanjung)

Foto: Jemaat di Gereja HKI Pangkalan Kerinci di Jalan Sepakat berbondong-bondong masuk untuk mengikuti ibadah perayaan Natal, Minggu (25/12/2022). Sejumlah personil polisi tampak berjaga-jaga di luar gedung gereja. ( Tribunpekanbaru.com/ Johannes Wowor Tanjung)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved