Breaking News:

Pemilu 2024

Partai Ummat Lolos Verikasi Faktual, Jadi Peserta Pemilu 2024

KPU menyatakan, Partai Ummat lolos verifikasi faktual di dua provinsi yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Utara (Sulut).

Editor: M Iqbal
KOMPAS.com/ Tatang Guritno
Pengumuman hasil verifikasi faktual Partai Ummat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Kamis (30/12/2022). (KOMPAS.com/ Tatang Guritno) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Partai Ummat memenuhi syarat dan dinyatakan lolos verifikasi faktual.

Artinya Partai Ummat akan menjadi peserta Pemilu 2024.

Dengan demikian ada sebanyak 18 partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, Partai Ummat lolos verifikasi faktual di dua provinsi yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Utara (Sulut).

Keputusan itu dibacakan Ketua KPU Hasyim Asy’ari di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

“Bapak Ibu pengurus pusat Partai Ummat, telah dibacakan hasil rekapitulasi verifikasi pasca-putusan Bawaslu, sebagaimana kita ketahui maka statusnya dinyatakan memenuhi syarat,” ujar Hasyim.

Sebagai informasi, partai berlogo bintang emas itu sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat di kedua provinsi tersebut.

Atas keputusan tersebut, Partai Ummat mengajukan gugatan ke Bawaslu dan diberikan kesempatan untuk mengajukan perbaikan verifikasi faktual.

Hasilnya kata Komisioner KPU RI Idham Chalid, partai besutan Amien Rais itu dinyatakan memenuhi syarat di kedua provinsi tersebut.

"Pertama, untuk provinsi NTT memenuhi syarat di 19 kabupaten/kota, syarat minimal 17 kabupaten/kota, artinya hasil akhir memenuhi syarat," kata Idham dalam kesempatan yang sama.

Sedangkan untuk di Sulawesi Utara, Partai Ummat memenuhi syarat verifikasi faktual sesuai standar minimal yang ditentukan.

“Sulawesi Utara, Partai Ummat memenuhi syarat di 11 kabupaten/kota, syarat minimal 11 kabupaten/kota, maka status akhir verifikasi faktual Partai Ummat memenuhi syarat,” katanya.

Setelah pembacaan rekapitulasi berakhir, Ketua KPU Hasyim Asyari menanyakan apakah ada keberatan dari Partai Ummat.

"Kali ini, tidak ada," jawab segenap pimpinan Partai Ummat serentak.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved